Tumblr Luncurkan Fitur Livestreaming Livebox, Masih Terbatas di AS
Tumblr menambahkan dukungan untuk livestreaming  melalui platform video Livebox. (foto: dok. tumblr)

Bagikan:

JAKARTA - Tumblr menambahkan dukungan untuk livestreaming  melalui platform video Livebox. Fitur ini sedang diluncurkan untuk pengguna AS di iOS dan Android, dan akan segera dirilis untuk pengguna global dan situs desktop. Detail lebih lanjut diuraikan dalam posting blog Tumblr, yang menjuluki layanan ini sebagai Tumblr Live.

Tumblr telah mendukung streaming di masa lalu, tetapi melakukannya dengan membiarkan orang berbagi streaming dari layanan lain seperti YouNow dan YouTube. Opsi baru ini digambarkan sebagai layanan streaming Tumblr asli yang didukung oleh Livebox.

Livebox dioperasikan oleh Meet Group, anak perusahaan dari perusahaan aplikasi kencan ParshipMeet Group.  Livebox memungkinkan pengguna untuk memberi tip kepada streamer, dan dengan cara yang sama, Tumblr akan memungkinkan Anda membayar pembuat konten dalam mata uang virtual yang disebut "Diamonds".

Menurut siaran persnya, Livebox menyediakan moderasi AI dan manusia untuk streaming. Selain itu  layanan ini juga memungkinkan streamer menunjuk penonton tepercaya sebagai moderator. Layanan streaming sejauh ini hanya didukung untuk blog Tumblr utama, bukan blog samping mana pun di bawah akun yang sama.

Fitur baru hadir saat pemilik Tumblr, Automattic, sedang mencoba merevitalisasi platform blogging yang dibelinya dari Verizon pada 2019. Tumblr telah menuai manfaat dari kekacauan baru-baru ini di Twitter, muncul sebagai alternatif potensial untuk kebijakan kacau yang dilakukan si pemilik baru Elon Musk.

Fitur streaming-nya tidak mungkin menyalip Twitch atau YouTube, tetapi menambahkan media lain - dan cara baru untuk menghasilkan uang, untuk komunitas seniman.