Tumblr Luncurkan Versi Bebas Iklan dengan Biaya Berlangganan yang Mahal
Tumblr akan menawarkan opsi berlangganan premium untuk menghilangkan iklan. (foto: dok. tumblr)

Bagikan:

JAKARTA - Tumblr adalah salah satu jejaring sosial dan platform microblogging paling populer di web, bahkan setelah melarang konten dewasa pada 2018. Layanan gratis ini terutama didukung oleh iklan, dan sekarang Tumblr akan menawarkan opsi berlangganan premium untuk menghilangkan iklan.

Pengguna dapat memilih keluar dari iklan di desktop dan di aplikasi selulernya dengan membayar 4,99 dolar AS per bulan atau membeli penjelajahan bebas iklan selama setahun dengan diskon 39,99 dolar AS atau setara Rp576.000.

Tentu saja, fitur ini opsional dan pengguna yang tidak ingin membayar dapat terus menggunakan Tumblr secara gratis dengan iklan yang masih bergulir.

Pendiri Tumblr, David Karp, menentang mengizinkan iklan, dan begitu perusahaan berpegang pada prinsip itu, Tumblr diganggu oleh iklan yang tampak norak dan murahan membanjiri umpan dan sering kali tidak masuk akal, bahkan mekanisme pemblokiran iklan biasanya tidak memengaruhi aplikasi seluler asli.

Namun, setelah perusahaan itu dijual pada 2013, ia memperkenalkan iklan sebagai cara untuk menghasilkan pendapatan. Sekarang, siapa pun yang masih menggunakan Tumblr dapat memiliki situs versi bebas iklan, tetapi jika mereka membayar.

Pengguna dapat mendaftar dengan mengeklik tab Penjelajahan Bebas Iklan di pengaturan akun. Tumblr menggunakan pemroses pembayaran Stripe, sehingga perusahaan tidak memiliki akses langsung ke kredit informasi kartu atau metode pembayaran lainnya.

Tumblr menyatakan pelanggan bebas iklan mungkin masih melihat unggahan bersponsor dari pengguna Tumblr lain, dengan cara yang sama seperti pesan sponsor di video YouTube, yang tidak hilang dengan YouTube Premium, tetapi unggahan unggulan dari Tumblr itu sendiri akan disembunyikan.

Langganan baru ini cukup berbeda dari penawaran premium baru Twitter, Twitter Blue, yang hanya menambahkan beberapa fitur yang agak berguna. Sayangnya tidak menghapus iklan, tetapi biayanya jauh lebih murah daripada Tumblr bebas iklan, dengan 2,99 dolar AS per bulan.

Melansir The Verge, Jumat, 25 Februari, tentu saja ini adalah masa depan bagi Tumblr, dan alangkah lebih baiknya dengan mengembangkan lebih banyak fitur baru yang tidak memerlukan biaya, dan penampil blog baru di dasbor.

Jejaring sosial tersebut diketahui dengan cepat kehilangan pengguna setelah melarang konten dewasa di platform. Beruntung bagi mereka yang masih menggunakan dan menyukai Tumblr, sekarang dapat memiliki pengalaman bebas iklan.