Apple Kembangkan Monitor Eksternal yang Dibekali Chip Apple Silicon
Apple akan meluncurkan monitor eksternal dengan chipset andalannya Apple Silicon. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple merencanakan gebrakan baru di tahun depan, di mana perusahaan akan meluncurkan monitor eksternal dengan chipset andalannya Apple Silicon.

Dalam edisi terbaru buletin Power On-nya, jurnalis Bloomberg, Mark Gurman melaporkan Apple memiliki beberapa monitor eksternal baru dalam pengembangan. Di antaranya adalah versi baru Pro Display XDR, yang akan dipasangkan dengan Mac Pro bertenaga Apple Silicon yang baru.

Gurman, mengatakan kemungkinan Pro Display XDR baru mungkin tidak akan tiba hingga akhir tahun dan setelah model Mac Pro baru.

Monitor eksternal itu dirancang untuk pengguna Mac dan iPad. Saat ini, Apple  menjual dua monitor eksternal, yakni Studio Display (2022) dan Pro Display XDR (2019).

"Apple sedang mengerjakan beberapa monitor eksternal baru. Termasuk pembaruan Pro Display XDR yang diluncurkan bersamaan dengan Intel Mac Pro pada 2019," ungkap Gurman.

"Ada kemungkinan layar high-end perusahaan berikutnya akan dikirimkan setelah Mac Pro, karena komputer lebih jauh dalam pengembangan daripada monitor," imbuhnya.

Lebih lanjut, monitor eksternal baru ini juga akan disokong chip Apple Silicon di dalamnya sehingga, dikatakan Gurman layar tidak akan terlalu bergantung pada sumber daya dari komputer yang terpasang, seperti Mac atau MacBook.

Dikutip dari 9to5Mac, Selasa, 20 Desember, hal ini seharusnya tidak mengejutkan, karena Studio Display juga ditenagai chip A13 Bionic di dalamnya bersama dengan penyimpanan 64GB.

Tampaknya Apple lebih memilih untuk melanjutkan rute ini dari pada mengembalikan iMac 27 inci, yang terakhir muncul pada 2020. Selain itu, untuk mengisi kesenjangan, kemungkinan Apple juga akan meluncurkan dua model Mac Mini yang dirilis pada 2023.