Bagikan:

JAKARTA - Intel hari ini meluncurkan prosesor terbaru mereka, "Lunar Lake" Intel Core Ultra 200V, yang dirancang khusus untuk laptop AI yang tipis dan ringan. Chip baru Intel ini dirancang untuk bersaing dengan chip Apple Silicon dan Qualcomm Snapdragon X Elite yang baru-baru ini diadopsi Microsoft untuk PC AI mereka, Copilot+.

Menurut Intel, chip Lunar Lake adalah prosesor x86 paling efisien yang pernah mereka buat, dibangun "tanpa kompromi." Intel mengklaim bahwa p-core di chip Lunar Lake adalah "inti CPU tercepat dari semua prosesor di laptop tipis dan ringan," dan arsitektur grafis Xe2-nya adalah "GPU bawaan tercepat di industri."

Intel mengatakan bahwa mereka menguji hampir 50 permainan, dan chip Lunar Lake menunjukkan performa 16 persen lebih cepat daripada chip AMD dan 68 persen lebih cepat daripada chip Qualcomm. Chip ini memiliki empat p-core (power) dan empat e-core (efficiency), mirip dengan chip Apple Silicon, dan memorinya kini tidak lagi terpisah.

Meskipun Intel tidak membandingkan chip baru mereka dengan chip Apple Silicon, kinerja CPU Qualcomm Snapdragon X Elite tidak jauh berbeda dari chip M4, sehingga chip Lunar Lake kemungkinan bisa lebih cepat. Namun, memori hanya mencapai maksimal 32GB, sehingga Intel belum memiliki chip yang mampu bersaing dengan chip Apple Silicon Pro dan Max.

Intel juga menyatakan bahwa dibandingkan dengan chip Qualcomm, Lunar Lake menawarkan peningkatan performa per watt sebesar 20 persen, dengan konsumsi daya chip yang hingga 40 persen lebih rendah dari pendahulunya. Intel mengatakan konsumen dapat mengharapkan beberapa jam tambahan masa pakai baterai, bersama dengan peningkatan signifikan dalam performa, grafis, dan AI.

Perangkat dengan chip terbaru Intel ini akan tersedia mulai 24 September.