Bagikan:

JAKARTA - Tumblr baru saja memperluas fitur tip jar, yang dapat membuat kreator blog mendulang banyak cuan di platform tersebut. Dijuluki tip level blog, akan diluncurkan untuk pengguna iOS dan aplikasi web-nya.

Bulan lalu, Tumblr meluncurkan fitur tip jar yang memungkinkan pengguna untuk meninggalkan tip pada unggahan, tetapi perluasan fitur kali ini pengguna dapat meninggalkan tip di blog.

Perusahaan mengatakan perluasan akan menguntungkan kreator blog karena memungkinkan para pengikut mereka untuk memberikan tip di tingkat blog bukan di unggahan tertentu saja.

Pengguna yang ingin menjajalnua, bisa mengaktifkan tip untuk blog di profil atau tampilan blog. Setelah mendaftar untuk memberi tip, tombol tip akan tersedia di header tampilan blog.

Sementara intuk memberi tip pada blog di web, pengguna dapat memilih tombol "Tip" dan pilih berapa nominal yang ingin diberikan. Di aplikasi iOS, pengguna dapat memilih tombol "Support" untuk mengirim tip.

Tumblr menyatakan sedang berupaya menambahkan fitur tip level blog ke aplikasi Androidnya segera. Saat pengguna memberi tip kepada kreator blog, mereka dapat mengirim catatan di samping tip tersebut.

Tip anonim juga diperbolehkan, tetapi dalam hal ini, pemberi tip tidak dapat meninggalkan pesan. Pengguna dapat mengirim tip masing-masing hingga 100 dolar AS yang setara Rp1,4 jutaan.

Melansir TechCrunch, Jumat, 1 April, perlu dicatat, Tumblr tidak mengambil potongan dari pembayaran ini, tetapi pengguna akan tetap dikenakan biaya kartu kredit standar 2,9 persen.

Untuk seluruh transaksi ini, Tumblr menegaskan tidak akan bergantung pada sistem penagihan internal Apple dan Google, yang berarti bahwa kreator blog tidak akan dimintai 30 persen untuk pajak.

Tumblr adalah di antara beberapa platform lain yang menawarkan fitur tip jar untuk memungkinkan pengguna mengirim pembayaran satu kali ke konten kreator.

Diketahui, Twitter telah meluncurkan fitur tip jar Mei lalu yang dirancang untuk memberi pengguna cara cepat memberi tip kepada konten kreator hanya dengan beberapa ketukan.

Selain itu, TikTok juga mulai menguji fitur tip dalam aplikasi baru pada Oktober tahun lalu. Fitur ini juga menguntungkan konten kreator menerima uang dari penggemar di luar streaming TikTok LIVE, di mana pemberian hadiah sudah didukung.