TikTok Uji Coba Fitur Tip Baru, Konten Kreator Makin Panen <i>Cuan</i>!
TikTok sedang menguji fitur tip baru. (foto: dok.unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok merupakan media sosial yang memudahkan konten kreator mendapatkan penghasilan, dan kini perusahaan sedang menguji fitur tip baru. Memungkinkan pengguna dapat memberikan tip langsung melalui profil mereka.

Sebelumnya, TikTok sudah mengizinkan penggunanya yang paling populer untuk menerima tip saat streaming langsung. Keberadaan fitur tersebut pertama kali ditemukan oleh kreator TikTok Jera Bean.

Bean membagikan sebuah video yang memperlihatkan fitur tersebut dan telah mengajukan permohonan persetujuan untuk mendapatkan tombol tip di laman profil mereka. Tip yang diberikan kepada kreator konten tidak dipotong biaya komisi oleh TikTok.

Tidak diketahui pasti apakah TikTok berencana untuk mengambil komisi dari tip konten kreator di masa mendatang jika fitur tersebut berkembang melewati tahap pengujian, tetapi sepertinya hal itu mungkin terjadi.

Namun, terdapat beberapa aturan yang mewajibkan konten kreator jika menggunakan fitur tersebut. Meliputi, akun harus memiliki performa yang baik setidaknya dengan 100 ribu pengikut, memenuhi persyaratan usia, dan menyetujui persyaratan tip TikTok. Kini TikTok menguji fitur tersebut untuk jumlah pengguna yang terbatas.

"Kami selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,” ungkap juru bicara perusahaan kepada TechCrunch, Jumat, 29 Oktober.

Sebagai informasi, fitur ini adalah dorongan terbaru TikTok menuju kemampuan monetisasi dan membantu konten kreator mencari nafkah melalui platformnya. Tahun lalu, perusahaan memperkenalkan dana 200 juta dolar AS yang ditujukan untuk membantu pembuat konten di AS menambah penghasilan mereka.

Aplikasi video durasi pendek itu juga membantu konten kreator menandatangani kemitraan merek, kesepakatan sponsor dan juga menyediakan monetisasi untuk streaming langsung. Tidak mengherankan jika perusahaan bereksperimen dengan cara bagi pembuat konten untuk secara langsung menerima uang dari pengikut mereka.

Sayangnya, TikTok bukan sebagai pelopor pembuat fitur ini. Adapula Twitter yang telah memiliki fitur tip jar sejak awal Mei. Baru-baru ini, ia juga menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk mengirim dan menerima Bitcoin Tips. Berbagai fitur monetisasi dan tip datang ketika perusahaan mencari cara untuk mempertahankan konten kreator di platform mereka.