Tren Konten Berbayar, TikTok Masuk dalam Salah Satu Medsos yang Ikut Usai Instagram
TikTok ingin menjadi salah satu aplikasi dengan memiliki konten eksklusif. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok sepertinya ingin menjadi salah satu aplikasi dengan memiliki konten eksklusif, di mana perusahaan kini dikabarkan tengah menguji dukungan untuk konten berlangganan.

Mirip dengan Instagram yang saat ini juga sedang menguji fitur serupa, konten kreator dapat membuat konten eksklusif untuk penggemar mereka yang telah membayar.

Meski begitu, TikTok tidak membagikan detail terkait kapan akan diluncurkan kepada konten kreator, berapa banyak dari mereka yang saat ini terpilih dalam uji coba, atau seperti apa struktur pembayarannya.

Juru bicara perusahaan Zachary Kizer mengatakan bahwa fitur langganan adalah, "konsep yang telah diuji, dan selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok," ujarnya.

Jika fitur ini benar-benar diadopsi, ini akan menjadi langkah terbaru TikTok untuk membantu konten kreator memonetisasi konten mereka. Diklaim, fitur ini merupakan sebuah perkembangan dari program Creator Next milik TikTok dengan alat monetisasi, dan meluncurkan fitur tip kepada mereka yang memenuhi syarat pada bulan Desember, setelah mengujinya dengan pengguna yang lebih kecil.

Mengutip The Verge, Jumat, 21 Januari, namun, bagaimana TikTok akan menambahkan pembayaran langsung ke konten kreator dengan model bisnisnya yang sangat sukses tetapi sedikit membingungkan. Keuntungan utama aplikasi dibandingkan pesaing adalah algoritme luar biasa yang menampilkan konten ke halaman For You milik pengguna.

Laman tersebut adalah cara bagi konten kreator untuk menjangkau pengguna dan idealnya mengubah mereka menjadi pengikut. Tetapi jika konten kreator membuat konten terbaik mereka untuk penggemar yang berlangganan, konten itu mungkin tidak tersedia di laman For You, karena dapat mengurangi eksklusivitas  konten tersebut.

Namun, tidak diketahui pasti di mana TikTok akan menempatkan konten eksklusif itu. Konten kreator sendiri harus memikirkan konten apa yang bersedia dibayar oleh penggemar mereka, dan konten apa yang akan membantu mereka mempromosikan karya mereka sendiri.

Diwartakan sebelumnya, Instagram juga meluncurkan pengujian langganan berbayar dengan sejumlah kecil konten kreator dan influencer. Pelanggan akan membayar biaya bulanan untuk mengakses konten eksklusif dari kreator yang mereka ikuti, termasuk Stories dan Live.

Penggemar dapat membayar tergantung nominal yang ditetapkan konten kreator, mulai dari 0,99 dolar AS hingga 99,99 dolar AS per, dan mereka yang berlangganan akan diberikan lencana ungu untuk menunjukkan status pelanggan kepada konten kreator atau influencer di bagian komentar.

Bahkan, Instagram milik Meta itu mengatakan tidak berencana untuk memotong pendapatan berlangganan konten kreator hingga paling cepat tahun depan.