Bagikan:

YOGYAKARTA - Gerakan Blockout 2024 tengah ramai di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan X. Gerakan ini digaungkan sebagai tindakan baru ntuk melawan atau mengecam serangan Israel di Gaza. Gerakkan ini diikuti oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. 

Gerakan Blockout 2024 muncul usai acara Met Gala yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat pada 6 Mei 2024 lalu. Gerakan ini mengajak para pengguna media sosial untuk memblokir akun selebritis atau influencer yang tidak peduli dengan krisis kemanusiaan di Palestina. 

Langkah ini menjadi upaya kolektif yang terbentuk atas rasa kemanusiaan banyak orang terhadap kekejaman yang dilakukan oleh Israel terhadap penduduk Gaza. Lantas apa itu Gerakan Blockout 2024 dan seberapa besar pengaruhnya?

Apa Itu Gerakan Blockout 2024?

Blockout 2024 adalah gerakan ajakan yang dijalankan secara online untuk memblokir akun media sosial influencer hingga aktor Hollywood yang selama ini abai terhadap tragedi kemanusiaan di Gaza, Palestina. 

Dalam gerakan ini, para pengguna medsos Instagram, TikTok, dan X membagikan daftar selebritis dan bisnis yang perlu diblokir. Gerakan yang menarik perhatian publik dunia ini muncul setelah even tahunan Met Gala di AS pada Senin (6/5) lalu. 

Sikap tersebut muncul karena banyak pengguna media sosial yag kecewa pada tokoh atau figur publik yang memakai gaun mewah di acara itu namun tidak menunjukkan kepedulian terhadap krisis kemanusiaan. 

Kritikusi online menilai adanya kesenjangan antara kemewahan dan isu-isu sosial, salah satunya konflik perang di Gaza yang tidak pernah disuarakan oleh selebriti tersebut. Akibat gerakan ini, beberapa artis kenamaan seperti Selena Gomez, Kim Kardashian, Rihanna, hingga Beyonce harus kehilangan jutaan followers di Insrtagram. 

Kemunculan Gerakan Blockout 2024

Gerakan Blockout 2024 mencuat di permukaan ketika influencer TikTok bernama Halye Kalil yang memiliki 9,9 juta pengikut mengucapkan kalimat “Biarkan mereka makan kue” di luar acara met Gala. Ucapan tersebut mirip dengan Revolusi Perancis dimana Ratu Marie Antoinette tidak memiliki rasa peduli terhadap penderitaan orang miskin. 

Video yang menanyangkan pernyataan Kalil tersebut pun mengundang kemarahan banyak orang karena dilatarbelakangi oleh krisis kelaparan di Gaza setelah perang dengan Israel.  Menanggapi kecaman yang berdatangan kepadanya, Kalil menyampaikan klarifiaksi dan meminta maaf atas videonya tersebut. Kalil mengaku tidak memperoleh undangan ke Met Gala dan terlibat di event tersebut. Ia juga menyebut bahwa video itu merupakan audio yang lagi tren di TikTok.

Dampak Gerakan Blockout 2024

Gelombang Gerakan Blockout 2024 juga menggulung sejumlah selebriti dunia lainnya, seperti Taylor Swift, Gal Gadot, Harry Styles, Kim Kardashian, dan Zendaya. Para artis top dunia ini kehilangan jutaan followers atau pengikut di akun medsosnya.  

Eddy Borges-Rey, profesor di Northwestern University di Qatar, mengatakan bahwa gerakan Blockout 2024 bisa mengurangi visibilitas konten selebriti secara global. Fenomena ini merugikan si selebriti karena eksistensi dan pekerjaan mereka sangat bergantung pada visibilitas dan keterlibatan yang tinggi untuk menarik tawaran iklan di media sosial. 

"Jika seseorang memblokir selebritas, mereka benar-benar memutuskan semua interaksi dengan konten mereka," tutur Borges-Rey dilansir dari Al Jazeera. 

Dampak gerakan Blockout 2024 mengakibatkan jumlah audiens selebritis tersebut merosot, sehingga algoritma media sosial pun ikut menurukan prioritas konten mereka. Jika jumlah orang yang memblokir akunnya semakin banyak maka postingan mereka pun kurang terangkat di semua platform. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu gerakan Blockout 2024 yang ramai diunggah di media sosial. Gerakan ini menjadi tindakan kolektif dalam upaya mengecam aksi kejam Israel terhadap penduduk di Gaza. Banyak netizen yang kemudian memblokir atau unfollow akun medsos tokoh-tokoh populer yang tidak peduli terhadap krisis kemanusiaan. Baca juga Israel tingkatkan agresi di Gaza

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.