Dua Fitur Baru Mendarat di Instagram, Mudahkan Pengguna Saat Bikin Acara <i>Live</i>
Fitur Live Instagram telah menjadi bagian penting dari aplikasi. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mengawali 2022, bos Instagram Adam Mosseri baru saja mengumumkan fitur baru di media sosialnya. Fitur anyar ini lebih berfokus pada pengguna saat mereka melakukan siaran langsung atau Live.

Sekarang jika pengguna sedang Live, maka di profil mereka akan ditampilkan lencana untuk memberi tabu pengikut mereka atau orang lain bahwa mereka sedang melakukan sesi Live.

Setelah lencana itu muncul, pengikut mereka dapat berlangganan untuk secara otomatis mendapat pemberitahuan jika sesi Live kembali dilakukan di hari berikutnya.

Lewat unggahan video di Twitter-nya, Mosseri menjelaskan bahwa pengguna Instagram dapat membuat sesi Live terjadwal sebanyak yang mereka inginkan. Jika sudah ada lebih dari satu Live di hari berikutnya, maka sesi itu akan ditampilkan sebagai daftar di sisi samping layar saat Live berlangsung.

Kemampuan baru ini berbeda dengan yang sebelumnya. Jika dahulu pengguna yang ingin melakukan Live harus memberi tahu pengikut mereka tentang acara tersebut melalui unggahan Feed atau Story, dengan fitur baru ini sekarang, Instagram meluncurkan cara khusus bagi pengguna untuk memberi tahu orang lain tentang Live terjadwal.

Lencana tidak hanya akan terlihat oleh pengikut mereka, tetapi juga oleh siapa saja yang mungkin menemukan profil mereka, yang dapat menarik lebih banyak penonton.

Melansir TechCrunch, Kamis, 27 Januari, diketahui, fitur Live Instagram telah menjadi bagian penting dari aplikasi, terutama bagi konten kreator di platform yang menggunakan alat ini sebagai cara untuk terlibat langsung dengan pengikut mereka.

Perusahaan telah menyempurnakan fitur tersebut untuk menghadapi pesaing seperti Clubhouse, Facebook, dan TikTok. Instagram telah menambahkan beberapa fungsi ke fitur Live, seperti opsi untuk membisukan dan mematikan video dan kemampuan untuk menyiarkan hingga bersama empat konten kreator.

Meskipun ini adalah perubahan kecil, tetapi lencana profil baru Instagram untuk Live terjadwal dapat membantu konten kreator mendapatkan eksposur tambahan dan menjangkau lebih banyak pengguna di aplikasi.

Masih dengan video yang sama, Mosseri juga menjelaskan bahwa pengguna sekarang dapat me-remix konten video apa pun di aplikasi, ini merupakan perubahan yang diumumkan Instagram beberapa hari lalu.

Media sosial milik Meta itu secara resmi meluncurkan Remix, yang merupakan versi TikTok Duets, pada Maret 2021. Fitur ini memungkinkan pengguna merekam video Reels mereka bersama video dari pengguna lain.

Pasalnya hingga kini pengguna hanya bisa me-remix Reels dengan durasi pendek. Sekarang, pengguna dapat me-remix video publik apa pun di aplikasi. Tetapi ini hanya berlaku untuk video baru yang dipublikasikan secara publik, karena fitur tersebut tidak akan berfungsi pada konten lama.

Selain fitur-fitur baru tersebut, Instagram juga belum lama ini meluncurkan uji awal langganan kontem kreator di Amerika Serikat (AS). Konten kreator tertentu sekarang dapat menawarkan akses berbayar kepada pengikut mereka ke Live, dan Stories eksklusif.

Konten Kreator dapat menetapkan harga sendiri untuk mengakses konten eksklusif mereka. Pelanggan berbayar akan ditandai dengan lencana khusus, yang membedakan mereka dari pengguna tidak berbayar di kolom komentar.

Sebagai informasi, Instagram bukan satu-satunya platform media sosial yang ingin bereksperimen dengan langganan, karena TikTok juga telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang menguji dukungan untuk langganan berbayar.