Bagikan:

JAKARTA – Instagram meluncurkan cara baru dalam berinteraksi dengan teman dekat. Selain membagikan postingan, Reels, atau Story ke daftar teman dekat, pengguna Instagram kini bisa memulai Live secara khusus.

Sebelum kemampuan baru ini diluncurkan, pengguna Instagram tidak bisa mengatur sistem siaran langsung di Live. Saat pengguna memulai siaran langsung, video mereka bisa dilihat oleh siapa pun dan menjadi konsumsi publik.

Sekarang, pengguna bisa mengatur kepada siapa fitur Live ditujukan dengan memilih opsi Teman Dekat atau Pengikut. Jika ada akun yang ingin ditambahkan ke daftar Teman Dekat, akun tersebut harus ditambahkan sebelum siaran dimulai.

Selama menggunakan fitur Live khusus untuk Teman Dekat, pengguna bisa melakukan siaran langsung gabungan dengan menerima atau mengundang akun lainnya. Namun, kemampuan ini terbatas karena pengguna hanya bisa menambahkan tiga akun.

Dengan melakukan siaran langsung gabungan dan mengatur siarannya hanya untuk teman dekat, fitur ini akan terasa seperti FaceTime. Pasalnya, pengguna bisa melakukan siaran langsung dengan teman dekat dan ditonton oleh akun tertentu.

Fitur baru ini cocok untuk siapa pun, baik pengguna biasa maupun influencer yang tidak ingin video mereka menjadi siaran publik. Para influencer bisa melakukan siaran dengan tujuan apa pun tanpa menerima penilaian atau kritik dari publik.

Fitur ini sudah diluncurkan secara luas kepada seluruh pengguna mulai Kamis, 20 Juni lalu. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu membuka fitur Live, mengeklik tombol Pengikut di atas tampilan filter, lalu mengeklik opsi Teman Dekat.