TikTok Tambahkan Fitur <i>Q&A</i> untuk Konten Kreator
Aplikasi TikTok (Photo by Frank on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Platform berbagi konten video TikTok perkenalkan fitur terbaru yang mempermudah kreator populer untuk mengadakan sesi tanya-jawab dengan penggemar.

Fitur ini pertama kali diketahui oleh konsultan media sosial Matt Navarra, yang kemudian membagikan gambar dari fitur tersebut lewat akun Twitter miliknya.

New! TikTok’s got a Q&A feature!

Creators can add Q&A button to profile allowing followers to leave questions which they can answer via video replies or in a livestream

h/t @Sphinx pic.twitter.com/aMHt4WGhyC

— Matt Navarra (@MattNavarra) January 19, 2021

Berdasarkan penjelasan TikTok pada TechCrunch, fitur anyar ini bisa digunakan untuk menjalankan sesi tanya-jawab menggunakan teks atau video. Nantinya, fitur tersebut bisa digunakan di dalam video maupun ketika siaran langsung (TikTok Live).

Sayangnya, fitur ini baru tersedia untuk konten kreator terpilih yang sudah setuju untuk terlibat dalam proses uji coba.

Fitur yang Membentuk Tren TikTok

Fitur sejenis sudah digunakan beberapa platform lain. Seperti Instagram yang menerapkannya pada Stories serta YOLO yang mengintegrasikan dengan Snapchat.

Memang TikTok memiliki fitur serupa. Bahkan, fitur Q&A versi sebelumnya terbukti mampu menciptakan pengalaman berkomentar yang unik dan menarik bagi penonton maupun kreator.

Pasalnya kreator bisa bebas mengomentari kiriman penonton lewat video lain. Selain itu, fitur tersebut juga bisa dipakai untuk menjelaskan konteks dari setiap video yang diunggah. Hasilnya, peran fitur komentar pada TikTok tumbuh dan membentuk tren tersendiri.

Maka peningkatan fungsi dari fitur ini tentu bakal berdampak besar pada tren pengguna TikTok. Apalagi, melalui fitur TikTok Live, bagian komentar selalu dibanjiri pertanyaan yang tak pernah berhenti.

Kondisi tersebut seringkali membuat kreator kesulitan untuk menjawab maupun membalas komentar pengguna. Kesulitan itulah yang akhirnya membuat TikTok meningkatkan fitur tanya-jawab. Alih-alih membuat video baru untuk mengomentari pendapat pengguna, fungsi baru pada fitur ini memungkinkan kreator untuk merespon secara langsung pertanyaan penonton.

Nantinya, penonton bisa membagikan pertanyaan atau komentarnya dengan menekan tombol Q&A yang terletak di bagian komentar video. Atau, pengguna juga bisa mengisikan pertanyaan pada tautan Q&A yang tersedia pada profil konten kreator.

Sementara untuk kreator, fitur ini berhasil menyederhanakan proses dalam merespon pertanyaan. Tak ada batasan pertanyaan yang bisa diterima kreator. Pun kreator juga tak berkewajiban untuk menjawabnya satu per satu.

Selama uji coba, fitur Q&A baru ini hanya disediakan untuk akun kreator yang memiliki lebih dari 10 ribu pengikut dan sudah mendaftar untuk mengikuti fitur ini melalui menu pengaturan. Selain itu, perusahaan juga menegaskan jika fitur baru ini tengah diujicoba secara global. Perusahaan juga berencana untuk meluncurkannya beberapa pekan lagi.