YouTube Luncurkan Fitur Live Q&A untuk Konten Kreator
YouTube kembali meluncurkan fitur untuk konten kreatornya, yakni fitur Tanya Jawab Langsung atau Live Q&A (foto : tangkapan lyar/citra)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube kembali meluncurkan fitur untuk konten kreatornya, yakni fitur Tanya Jawab Langsung atau Live Q&A baru untuk membantu kreator berinteraksi langsung dengan penontonnya.

Perusahaan mengatakan, fitur baru ini membuat acara Live Streaming lebih interaktif. Kreator dapat membuat dan mengelola sesi tanya jawab dalam obrolan langsung selama streaming dan pemutaran perdana dengan menggunakan Live Control Room (LCR).

Untuk membuat Live Q&A, ikuti langkah berikut ini. Saat kreator membuat Live Q&A, permintaan mereka akan muncul sebagai pesan yang dipasangi pin di bagian atas obrolan langsung, lalu penonton dapat mengirimkan pertanyaan mereka.

Lebih lanjut, ketika kreator menemukan pertanyaan yang ingin dijawab, kreator dapat menyematkannya agar ditampilkan dan semua orang tahu apa yang kreator tanggapi.

Kreator juga dapat menyematkan pertanyaan lain, dan itu akan menggantikan apa yang ada di bagian atas daftar. Setelah selesai dengan sesi tanya jawab, kreator dapat kembali ke ruang obrolan sebelumnya.

Fitur baru ini juga hadir bersama Live Polls, cara lain bagi kreator untuk berinteraksi dengan penonton Live Streaming mereka. Pertanyaan itu akan diajukan oleh sistem yang sama, memungkinkan kreator untuk memoderasi obrolan langsung.

Artinya, kreator dapat memblokir kata-kata, menahan untuk ditinjau, dan melaporkan pertanyaan. Melansir The Verge, Jumat, 11 November, YouTube terus meningkatkan platform streaming langsungnya untuk bersaing dengan Twitch.

Oleh karena itu, perusahaan juga menambahkan sejumlah fitur lainnya untuk membuat obrolannya lebih menarik bagi konten kreator.

Fitur tersebut adalah Super Chat, yang memungkinkan penonton membayar untuk memiliki komentar yang dipasangi pin dan Super Thanks, yang pada dasarnya adalah tip. Namun, Live Q&A tidak secara langsung membantu kreator mendapatkan uang.