Pengguna iPhone dan iPad Bakal Punya Mode yang Bisa Sederhanakan Pengoperasian Ponsel
Apple dilaporkan sedang mengerjakan Custom Accessibility Mode, (foto: dok. 9to5Mac)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dilaporkan sedang mengerjakan Custom Accessibility Mode, yang diklaim akan memudahkan pengguna iPhone dan iPad dalam mengoperasikan perangkat mereka.

Dengan nama kode Clarity, mode baru ini pada dasarnya menggantikan Springboard, merupakan antarmuka (UI) iOS utama dengan yang lebih ramping.

Menurut Apple, Custom Accessibility Mode adalah cara yang dapat disesuaikan dan disederhanakan untuk menggunakan iPhone dan iPad.

Custom Accessibility Mode saat ini masih dalam versi beta akan tersedia sebagai opsi aksesibilitas, yang bertujuan untuk membuat antarmuka iPhone dan iPad lebih ramah bagi pengguna yang mungkin kerap merasakan UI di ponselnya terasa rumit.

Melansir 9to5Mac yang pertama kali menemukan fitur ini di versi beta pengembang iOS 16.2 kedua, nantinya, mode baru itu akan bekerja sama dengan mode Guided Access saat ini, yang memungkinkan pengguna mengunci perangkat mereka ke satu aplikasi.

Namun, Custom Accessibility Mode akan memberikan pengguna kesempatan mengatur tampilan ponsel mereka. Misalnya, pengguna dapat mengatur UI dan teks yang lebih besar, aplikasi yang tersedia di Layar Utama, kontak yang diizinkan, dan akses ke tombol perangkat keras ketika Custom Accessibility Mode diaktifkan.

Bahkan, pengguna juga dapat mengatur kata sandi untuk mencegah orang lain mengubah pengaturan ini. Lainnya pengguna bisa mengklik tiga kali pada tombol samping (atau tombol Beranda) dengan cepat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Custom Accessibility Mode.

Meski begitu, belum jelas kapan dan apakah Custom Accessibility Mode akan ditayangkan dengan rilis iOS 16.2. Apple bisa saja hanya meletakkan dasar fitur tersebut, namun sebenarnya ia masih dalam tahap awal pengembangan.