Bagikan:

YOGYAKARTA - Sering mendengar “mode pesawat” di smartphone ataupun fitur elektronik kalian? Tetapi, apa sesungguhnya  fungsi mode pesawat di perangkat elektronik? Mari ikuti penjelasan lengkapnya di ulasan berikut ini!

Apa Itu Mode Pesawat?

Mode pesawat merupakan fitur yang terdapat di banyak fitur elektronik, terutama ponsel, tablet, serta laptop. Saat Kalian mengaktifkan mode pesawat, perangkatmu bakal mematikan seluruh peranan nirkabel, semacam sinyal seluler, Wi-Fi, serta Bluetooth. Maksudnya, fitur Kalian tidak bakal bisa tersambung dengan jaringan ataupun fitur yang lain.

Mode pesawat dinamai demikian sebab sebagian besar maskapai penerbangan melarang pemakaian perlengkapan yang mengirimkan sinyal frekuensi radio saat dalam penerbangan. Umumnya, tidak mungkin melaksanakan panggilan telepon ataupun mengirim pesan dalam mode pesawat, namun beberapa ponsel pintar mengizinkan panggilan ke layanan darurat.

Sebagian besar fitur membolehkan pemakaian klien surel serta aplikasi seluler yang lain secara berkelanjutan buat menulis pesan teks ataupun surel. Pesan disimpan dalam memori buat dikirim nanti, sehabis mode pesawat dinonaktifkan.

Fungsi Mode Pesawat di Perangkat Elektronik

Seperti yang sudah disebutkan, mode pesawat memanglah ada buat alasan keamanan di pesawat. Tetapi saat ini, Terdapat beberapa alasan kenapa mode pesawat berguna. Di antaranya yaitu:

  1. Keamanan Penerbangan: Saat Kalian naik pesawat, operator pesawat umumnya meminta seluruh fitur elektronik dimatikan ataupun diletakkan dalam mode pesawat. Ini buat menjauhi kendala sinyal yang mungkin terjadi sepanjang penerbangan.
  2. Hemat Baterai: Kala mode pesawat aktif, perangkatmu tidak mencoba mencari sinyal seluler ataupun Wi-Fi yang dapat menghabiskan baterai dengan cepat. Ini bermanfaat bila Kalian mau mengirit energi baterai saat dalam ekspedisi.
  3. Ketika Tidak Diperlukan: Ada situasi di mana Kalian mungkin tidak mau terganggu oleh panggilan telepon ataupun pesan saat lagi tidur ataupun berkonsentrasi. Fashion pesawat memungkinkanmu buat tetap memakai perangkatmu tanpa adanya hambatan.

Cara Mengaktifkan Mode Pesawat di Android

Buat mengaktifkan mode pesawat pada fitur Android Kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Geser layar dari bagian atas 2 kali buat membuka panel Pengaturan Cepat. Alternatifnya, Kalian bisa menggeser sekali memakai 2 jari.
  • Cari tombol Airplane mode dalam grid. Bila Kalian tidak melihatnya, Kalian barangkali butuh menggeser ke samping buat mengakses ikon lebih banyak.
  • Ketuk tombol tersebut, serta ponsel Kalian bakal masuk ke dalam mode pesawat. Kalian bakal melihat ikon pesawat di bilah status Kalian, yang menunjukkan kalau seluruh radio yang terpengaruh sudah dinonaktifkan.
  • Ulangi langkah-langkah ini buat menonaktifkan mode pesawat. Perhatikan kalau mungkin perlu waktu sejenak untuk ponsel Kalian buat tersambung kembali ke Wi-Fi serta informasi seluler sehabis keluar dari mode pesawat.
  • Bila ponsel Kalian tidak mempunyai pintasan ini, Kalian bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan mode pesawat di Pengaturan > Jaringan & internet > Mode Pesawat. Seperti halnya dengan sebagian besar menu Android, ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat kalian.

Cara Memakai Mode Pesawat di iPhone, iPad, iPod Touch, serta Apple Watch

  • Kalian dapat memakai Mode Pesawat buat mematikan seluruh fitur nirkabel pada perangkat saat Kalian berada dalam pesawat.
  • Menyalakan Mode Pesawat.
  • Di iPhone ataupun iPod touch, buka Pusat Kontrol, kemudian ketuk ikon Mode Pesawat.
  • Bila Kalian memakai iPad, juga buka Pusat Kontrol, serta sentuh ikon pesawat > Cerminkan iPhone.ode Pesawat.
  • Sedangkan di Apple Watch, sentuh serta tahan bagian bawah layar sampai timbul Pusat Kontrol, geser ke atas, kemudian ketuk ikon Mode Pesawat.
  • Kalian dapat mengatur iPhone serta Apple Watch supaya mengikuti pengaturan Mode Pesawat dari fitur yang satu ke fitur yang lain. Triknya, buka aplikasi Apple Watch di iPhone, kemudian ketuk menu Umum > Mode Pesawat > Cerminkan iPhone.
  • Mode Pesawat bakal mematikan seluruh radio, kecuali Bluetooth. Bila Kalian mematikan Bluetooth saat mengaktifkan Mode Pesawat, perangkat bakal mengingatnya serta akan mematikan Bluetooth saat Kalian mengaktifkan Mode Pesawat lagi.

Selain itu kami juga menambahkan “Apa Itu VoLTE“ agar kalian lebih paham lagi terkait android.

Jadi setelah mengetahui fungsi mode pesawat di perangkat elektronik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!