Apa Itu VoLTE? Ketahui Manfaat dan Cara Mengaktifkannya di Smartphone Android
Ilustrasi jaringan internet (louvainlaneuve9/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna smartphone keluaran terbaru mungkin sudah tidak asing dengan tulisan VoLTE yang berada di samping ikon signal ponsel/HP. Kemunculan tulisan VoLTE di samping singnal menandakan bahwa smartphone tersebut sudah kompatibel dengan layanan tersebut. Lantas, apa itu VoLTE?

Apa Itu VoLTE

VoLTE adalah singkatan dari Voice over Long-Term Evolution. Layanan ini memungkinkan penggunanya melakukan penggilan telepon di jaringan 4G LTE.

Panggilan suara ataupun video yang menggunakan VoLTE akan menjadi lebih jernih, serta dapat menampilkan resolusi HD. Ini tentu sangat menguntungkan ketimbang menggunakan jaringan ‘standar’ (3G).

Tak hanya itu, layanan VoLTE juga membuat penggunanya dapat memanfaatkan internet untuk bermain game, streaming video, dan meningkatkan kecepatan koneksi jaringan. Atau bahkan, pengguna tetap bisa streaming video dan menerima panggilan suara di waktu bersamaan.

Manfaat Menggunakan Teknologi VoLTE

Sebagian besar smartphone saat ini telah mengadopsi teknologi VoLTE dan hampir semua operator seluler menyediakan layanan VoLTE.

Apabila ponsel Anda belum support VoLTE, Anda dapat beralih ke smartphone keluaran terbaru atau menunggu pembarua perangkat lunak yang mungkin menghadirkan fitur ini.

VoLTE telah menjelma sebagai salah satu fitur terbaik untuk meningkatkan panggilan suara di seluruh dunia. VoLTE hadir dengan banyak manfaat.

Dikutip VOI dari laman Makeuseof, Jumat, 13 Januari 2023, berikut beberapa kunggulan layanan VoLTE:

  1. Meningkatkan Kualitas Panggilan Telepon dengan Resolusi HD

Keuntungan paling dirasa dari penerapan 4G VoLTE adalah meningkatkan kualitas panggilan telepon. Anda dapat berkomunikasi dengan jelas dengan rekan atau kerabat Anda melalui panggilan suara.

4G VoLTE memberikan kualitas panggilan tiga kali lebih baik daripada jaringan 3G dan hingga enam kali lipat dari jaringan 2G.

  1. Menghemat Penggunaan Daya Baterai

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tanpa VoLTE, jaringan 4G Anda beralih ke 3G setiap kali Anda melakukan panggilan. Hal ini membuat smartphone menggunakan baterai lebih banyak dari biasanya. Dengan VoLTE, ponsel Anda tidak beralih ke 3G meskipun Anda sedang menelepon, sehingga Anda dapat menghemat masa pakai baterai

  1. Cakupan Lebih Banyak dan Konektivitas Lebih Baik
Ilustrasi pemanfaatan 4G LTE
Ilustrasi pemanfaatan 4G LTE

4G LTE beroperasi pada spektrum 800 MHz, sehingga memiliki jangkauan lebih besar daripada spektrum 2G atau 3G. Spektrum dapat menangkap sinyal lebih baik kendati Anda sedang berada di ruang bawah tanah atau di lantai paling Atas.

Teknologi VoLTE menyediakan jangkauan dan konektivitas yang lebih baik, serta jaringan yang tersedia akan menjadi lebih stabil.

  1. Multitasking

Dengan 4G LTE, Anda dapat berselancar mengakses layanan internet, streaming video tanpa lag, bermain games, kendati sedang tersambung dengan panggilan telepon suara.

Selain itu, layanan ini juga dapat menghubungkan panggilan lebih cepat ketimbang layanan panggilan telepon biasa dan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Cara Mengaktifkan VoLTE di Smartphone Android

Mengaktifkan VoLTE di smartphone Android adalah proses yang sederhana, asalkan, ponsel Anda sudah kompatibel pada jaringan 4G LTE.

Perusahaan telekomunikasi dan smartphone terkadang menyebut panggilan VoLTE sebagai panggilan HD. Jadi, jika ponsel Anda memiliki opsi panggilan HD, Anda harus mengingatnya.

Adapun cara mengaktifkan LTE di Smartphone Android yakni:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih Connections
  • Pilih Mobile networks
  • Aktifkan panggilan VoLTE pada bagian Mobile networks

Demikian informasi seputar apa itu LTE beserta manfaat dan cara mengaktifkannya di Smartphone Android. Semoga bermanfaat!