El Salvador Sahkan UU tentang Volcano Bond untuk Bayar Utang dan Bangun Kota Bitcoin
El Salvdaor resmi buat Volcano Bond. (foto: twitter @alistairmilne)

Bagikan:

JAKARTA - El Salvador telah mengesahkan undang-undang penting yang menyediakan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin yang dikenal sebagai “Volcano Bond”, yang akan digunakan untuk membayar utang negara dan mendanai rencana pembangunan “Kota Bitcoin”.

RUU itu disahkan pada 11 Januari dengan 62 suara mendukung dan 16 menentang, dan ditetapkan menjadi undang-undang setelah diratifikasi oleh Presiden Nayib Bukele.

Kantor Bitcoin Nasional El Salvador mengumumkan pengesahan RUU tersebut di utas Twitter 11 Januari, mencatat bahwa mereka akan segera mulai menerbitkan obligasi.

Menurut pertukaran crypto Bitfinex, yang merupakan penyedia teknologi untuk obligasi, Volcano Bond atau Volcano Tokens akan memungkinkan El Salvador mengumpulkan modal untuk membayar utang negaranya, mendanai pembangunan Kota Bitcoin, dan menciptakan infrastruktur penambangan Bitcoin.

Deskriptor gunung berapi untuk obligasi tersebut berasal dari lokasi Kota Bitcoin di negara itu, yang akan menjadi pusat penambangan crypto terbarukan yang ditenagai oleh energi hidrotermal dari gunung berapi Conchagua di dekatnya.

Bitfinex mencatat bahwa kota itu akan menjadi zona ekonomi khusus yang mirip dengan yang terlihat di China, yang akan menawarkan keuntungan pajak, peraturan ramah crypto, dan sebaliknya memberi insentif bisnis Bitcoin untuk penduduknya.

Obligasi tersebut ditargetkan untuk mengumpulkan 1 miliar dolar AS (Rp15,6 triliun) untuk negara, dengan setengahnya digunakan untuk membangun zona ekonomi khusus.

Menurut proposal awal, obligasi tokenized akan didenominasi dalam dolar AS, memiliki tanggal jatuh tempo sepuluh tahun dan memiliki tingkat bunga tahunan sebesar 6,5%.

Samson Mow, seorang pendukung Bitcoin yang telah terlibat dalam pengembangan Volcano Token, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa pengesahan RUU tersebut dapat membantu mengubah negara menjadi pusat keuangan "utama".

“Langkah untuk mengesahkan Undang-Undang Sekuritas Digital yang baru, dan mengaktifkan instrumen baru seperti Obligasi Bitcoin, akan membantu El Salvador untuk melunasi hutang mereka yang ada dan akan sangat penting untuk mengubah negara tersebut menjadi pusat keuangan utama dunia,” kata Mow.

RUU tersebut juga mencakup kerangka hukum untuk semua aset digital yang bukan Bitcoin, selain yang dikeluarkan untuk Bitcoin, dan menciptakan badan pengatur baru yang akan bertanggung jawab menerapkan undang-undang sekuritas dan memberikan perlindungan dari pelaku jahat.