Mengenal Fitur Talkback yang Mudahkan Disabilitas Netra Putri Ariani Membalas Komentar di Instagram
Ilustrasi smartphone dengan aplikasi tambahan. (foto; dok. Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum lama ini, viral video yang memperlihatkan cara Putri Ariani— disabilitas netra peraih golden buzzer America Got Talent—membalas komentar dan direct message yang ditujukan kepadanya. Putri yang berkebutuhan khusus, rupanya menggunakan fitur Talkback untuk berkomunikasi. Lantas, apa itu fitur Talback? Mari mengenal fitur Talkback lebih dalam lewat artikel berikut ini.

Mengenal Fitur Talback

Fitur Talkback alias Voice Assistance merupakan fitur aksesibilitas yang memungkinkan disabilitas netra untuk berinteraksi dan gawai mereka. Fitur ini menggunakan getaran, suara, dan gerakan sehingga gawai bisa dikendalikan tanpa harus melihat layar.

Talkback sedianya bukan aplikasi, melainkan fitur buatan Google. Talkback disebut dengan dengan Android Accessibility Suite yang berguna mengeluarkan suara dan bergetar saat menyentuh layar ponsel.

Fitur ini tak hanya diadopsi oleh smartphone Android, perangkat-perangkat keluaran Apple juga memiliki fitur sejenis dengan nama Voice Over.

Dengan fitur Talkback, penyandang disabilitas tunanetra dapat mengoperasikan dan memahami isi perangkat smartphone mereka dengan baik. Penyandang disabilitas netra tak perlu khawatir tentang kendala pengelihatan yang mereka alami ketika akan menggunakan smartphone.

Kehadiran fitur ini memungkinkan pengguna disabilitas netra untuk berkomunikasi mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Fitur ini sudah dijejalkan hampir di seluruh smartphone, serta bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengaktifkan Fitur Talkback di Ponsel Android

Cara Mengaktifkan fitur Talkback di smartphone Android dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain:

  1. Cara mengaktifkan fitur talkback dengan kedua tombol volume

Cara mengaktifkan fitur Talkback yang pertama yakni lewat shortcut. Anda bisa memencet tombol volume untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Di bagian samping perangkat Anda, temukan kedua tombol volume.
  • Tekan dan tahan kedua tombol volume selama kurang lebih 3 detik.
  • Opsi mengaktifkan fitur aksesibilitas pun akan muncul di layar.
  • Tekan kedua tombol volume selama 3 detik untuk mengonfirmasi apakah kamu ingin mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.
  1. Cara Mengaktifkan Fitur Talkback dengan Google Assistant

Fitur Talkback juga bisa diaktifkan dengan menggunakan bantuan Google Assistant. Berikut langkah-langkahnya:

  • Aktifkan Google Assistant atau Asisten Google dengan cara tahan tombol home, kemudian ucapkan 'Ok Google'.
  • Langkah selanjutnya adalah memberi perintah lewat suara untuk mengaktifkan atau mematikan fitur TalkBack.
  1. Cara mengaktifkan fitur Talkback Lewat Menu Setting

Cara mengaktifkan fitur Talkback lewat menu ‘Setting’ atau ‘Setelan’ ponsel, yakni:

  • Buka fitur setelan di perangkat
  • Berikutnya pilih menu ‘Aksesibilitas’.
  • Apabila tidak menemukan menu Aksesibilitas, maka Anda bisa memilih ‘Setelah Lainnya’, kemudian pilih menu Aksesibilitas.
  • Selanjutnya, masuk ke menu TalkBack dan pilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menu TalkBack.

Cara Menggunakan Fitur Talkback

Setelah mengetahui cara mengaktifkan fitur Talkback, ketahui pula cara menggunakan fitur tersebut. Fitur Talkback dapat digunakan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Ketuk untuk memilih item, lalu ketuk dua kali untuk mengaktifkannya.
  • Gunakan dua jari untuk menggulirkan atau scroll layar ke atas atau bawah
  • Apabila ‘Navigasi sistem’ disetel ke ‘Navigasi gestur’: gestur seperti beranda, kembali, atau aplikasi terbaru, menggunakan dua jari
  • Secara default, TalkBack mengucapkan karakter sandi kepada Anda. Untuk memastikan ponsel Anda tidak mengucapkan karakter dalam kolom aman, Anda dapat mengubah setelan.

Demikian informasi tentang fitur Talkback. Setelah mengenal Talkback lebih dalam, baca artikel-artikel VOI.ID lainnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda.