JAKARTA - Platform media sosial TikTok meluncurkan Talent Manager Portal sebagai bagian dari TikTok Creator Marketplace, yang memungkinkan merek dan agensi terhubung dengan 800.000 kerator yang memenuhi syarat di seluruh dunia.
Layanan baru ini memungkinkan talent manager untuk dapat masuk dan mengakses Creator Marketplace dan kemudian bernegosiasi mengenai kontrak dan kesepakatan dengan pembuat kreator di sana.
Tidak hanya bernegosiasi kontrak, para manajer talent juga dapat mengelola alur kesepakatan, menangani umpan balik kreatif, dan meninjau berbagai laporan dan metrik tentang kinerja kampanye.
New! TikTok launches Talent Manager Portal ⭐️
A new tool to make it easier for brands to work with “megastar” creators
It's currently in alpha testing and is invite-only.
More info: https://t.co/q75aq4FXKS pic.twitter.com/anVfJU93t3
— Matt Navarra (@MattNavarra) January 12, 2023
Perluasan saat ini tidak hanya memungkinkan TikTok untuk melayani kebutuhan pembuat konten dengan puluhan atau ratusan ribu pengikut, tetapi juga pemberdayaan perusahaan talent dalam mencari kreator untuk brandnya.
Layanan gratis ini bertujuan untuk melengkapi penawaran Creator Marketplace yang ditargetkan untuk merek yang ingin memanfaatkan kinerja iklan dengan melibatkan para pembuat konten, yang menurut TikTok memberikan ingatan iklan yang lebih tinggi di antara 71% merek yang disurvei.
BACA JUGA:
Melansir dari laporan TechCrunch, TikTok mengonfirmasi bahwa Talent Manager Portal nya saat ini sedang dalam pengujian alfa, dan telah memiliki beberapa agensi yang mendaftar.
Meski demikian, perusahaan induk ByteDance mengatakan tidak dapat membagikan nama-nama pengujinya. Selain itu, TikTok mencatat bahwa talent manager hanya akan memiliki akses ke akun Marketplace klien mereka, bukan akun TikTok pencipta yang sebenarnya.