Twitter Terapkan Fitur Coins dalam Platform, Ini Bocoran Informasinya!
Twitter bakal luncurkan fitur Coins untuk pembayaran dalam platform. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Platform media sosial berlogo burung biru, Twitter, dilaporkan sedang mengembangkan fitur Coins dalam layanannya. Hal itu diungkapkan oleh blogger dan peneliti aplikasi terkemuka bernama Nima Owji.

Owji menemukan bahwa Twitter Coins tidak terintegrasi dengan salah satu cryptocurrency sebagaimana yang dirumorkan belakangan ini, mengingat Elon Musk adalah pendukung berat mata uang kripto berlogo anjing. Pasalnya, dia tidak menemukan referensi yang mengarah ke kripto ataupun blockchain dalam bocoran gambar fitur Twitter Coins.

Twitter Coins Dikembangkan Secara Diam-diam

Melansir Cointelegraph, banyak pihak di komunitas kripto berharap proyek rahasia "Twitter Coins" akan melibatkan cryptocurrency dalam beberapa cara setelah proyek tersebut pertama kali dibocorkan pada awal Desember oleh blogger teknologi Jane Manchun Wong dan Nima Owji.

Bocoran fitur Coins di Twitter. (Foto; Dok. Twitter @Nima_owji)
Bocoran fitur Coins di Twitter. (Foto; Dok. Twitter @Nima_owji)

Komunitas Dogecoin sangat berharap Elon Musk menerapkan koin favorit mereka, mengingat afiliasi CEO Twitter dengan token tersebut. Dalam acara Twitter Spaces 4 Desember, Musk mengatakan dia masih tertarik untuk mengintegrasikan crypto dengan platform media sosial.

Meski begitu, gambar-gambar yang baru bocor dari pengembangan proyek yang dibagikan oleh Wong dan Owji pada 10 Januari tidak menyebutkan teknologi kripto atau blockchain. Owji men-tweet bahwa sejauh ini tidak ada kebocoran yang memberikan indikasi bahwa crypto akan terlibat dalam Twitter Coins.

"Tampaknya menjadi mata uang dalam aplikasi untuk mendukung para pembuatnya. Saya tidak menemukan apa pun yang menghubungkannya dengan mata uang *crypto*," tulis Owji.

Gambar-gambar yang bocor malah memberikan lebih banyak cahaya ke dalam rencana penggunaan mata uang digital dalam aplikasi. Salah satu gambar adalah tangkapan layar dari halaman splash pembelian yang diklaim untuk Twitter Coins, yang menjelaskan bahwa mata uang dalam aplikasi akan memungkinkan pengguna untuk "mendukung kreator yang menge-Tweet konten yang hebat."

"Coins memungkinkan Anda untuk mendukung kreator yang men-Tweet konten hebat. Koin yang tidak terpakai disimpan di saldo Anda," tulis Nima Owji (@nima_owji), 10 Januari 2023.

Ini tampaknya mengacu pada "Twitter Awards" platform, yang juga dibocorkan oleh Manchun Wong seminggu sebelumnya, pada 5 Januari. Menurut cuitan Wong, penghargaan seperti "Mind Blown," "Bravo" dan "Super Like" dapat dikirim ke pembuat konten di platform dengan biaya yang dinyatakan dalam Koin Twitter.

Mirip Reddit Coins

Berdasarkan laporan Mashable, fitur ini memiliki kemiripan dengan sistem pemberian tip dan penghargaan Reddit, di mana Redditor menggunakan "Reddit Coins" untuk mengirim penghargaan kepada pengguna lain yang membuat postingan, komentar, atau siaran video langsung yang mereka nikmati.

Bahkan membeli Twitter Coins tidak akan melibatkan pembayaran kripto pada tahap ini. Menurut Wong, pembelian mata uang digital Twitter akan diaktifkan melalui fiat menggunakan Stripe.

Stripe adalah platform pemrosesan pembayaran berbasis fiat yang memungkinkan pedagang menerima kartu kredit dan debit, transfer bank, dan voucher berbasis uang tunai.

Stripe Terintegrasi dengan Kripto

Pada 22 April, Stripe mengumumkan telah mulai mendukung pembayaran untuk memilih pembuat konten Twitter dalam Koin USD. Twitter sedang mengerjakan fitur yang disebut Coins, yang memungkinkan pengguna untuk mendukung para kreator di platform.

Melansir Mashable, peretas Jane Manchun Wong yang berhasil melihat fitur yang sebagian sudah selesai menyatakan bahwa fitur Coins akan bisa dibeli di Stripe. Meski tidak ada penyebutan kripto, Stripe memang sudah menerima pembayaran dengan kripto. Itu artinya, tidak menutup kemungkinan pengguna Twitter dapaat membeli Coins dengan menggunakan mata uang kripto.