Bagikan:

 JAKARTA – Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan fitur baru dengan nama Transparansi untuk melihat label yang disematkan di akun pengguna.

Dengan adanya fitur Transparansi, X ingin menunjukkan cara mereka dalam memperlakukan konten pengguna. Masing-masing label yang ditambahkan ke dalam akun akan menunjukkan tipe penanganan yang berbeda.

“Kami mulai memberi Anda lebih banyak transparansi mengenai label yang mungkin kami terapkan pada akun Anda yang memengaruhi cara X memperlakukan konten Anda,” kata X melalui akun Keamanan pada Kamis, 11 Januari.

X juga mengatakan bahwa mereka telah menambahkan label ke 16 juta pengguna platform mereka. Saat label tersebut ditambahkan, para pengguna akan mendapatkan pemberitahuan di bagian Notifikasi, tepatnya di kolom Semua.

Notifikasi ini akan berbunyi, “Kami telah menambahkan label sementara ke akun Anda yang mungkin memengaruhi jangkauannya.” Jika pengguna tidak paham mengenai penambahan label ini, mereka hanya perlu mengetuk notifikasi tersebut untuk mempelajari informasinya.

Sementara itu, pengguna X Premium yang mendapatkan kesempatan untuk melihat label mereka bisa memberikan masukan ke pihak X. Nantinya, masukan ini akan digunakan untuk meningkatkan fitur Transparansi.

Elon Musk, pemilik X Corp, menyadari bahwa fitur ini masih memiliki banyak kekurangan. Melalui akun media sosial pribadinya, Musk mengatakan bahwa, “Akan ada banyak kesalahan, tetapi kami akan berusaha memperbaikinya dengan cepat.”

Maka dari itu, masukan dari pengguna akan sangat penting bagi perkembangan fitur tersebut. Sayangnya, pihak X belum menjelaskan kapan fitur ini akan diluncurkan secara global, tetapi mereka berjanji untuk menjelaskan lebih banyak dalam waktu dekat.