Bagikan:

 

JAKARTA – Sebagai upaya meningkatkan konten kesehatan yang berkualitas, YouTube kini menampilkan video yang kredibel saat pengguna mencari konten pertolongan pertama atau perawatan darurat.

Untuk memudahkan pencarian, YouTube akan menampilkan rekomendasi video di rak kesehatan informasi untuk pertolongan pertama. Seluruh rekomendasi video ini akan berisi penjelasan singkat mengenai topik yang dicari oleh pengguna.

“Rak informasi menampilkan video yang mudah diikuti dengan tujuan membantu orang dengan cepat, menemukan informasi pertolongan pertama yang kredibel, dan dapat ditindaklanjuti tanpa membaca atau mendengarkan instruksi yang rumit,” kata YouTube dalam keterangan resmi.

YouTube menjamin kredibilitas dari video yang ditampilkan di rak kesehatan karena mereka bekerja sama dengan organisasi kesehatan resmi. Video-video yang ditampilkan berasal dari Mass General Bringham dan Palang Merah Meksiko.

Konten yang dibuat oleh dua layanan kesehatan ini akan muncul jika pengguna mencari kata kunci yang sudah YouTube tentukan. Berbagai kata kunci ini adalah CPR, tersedak atau heimlich, berdarah, serangan jantung, stroke, kejang, dan overdosis opioid.

Rencananya, YouTube akan meluncurkan pembaruan ini secara global. Namun, untuk saat ini, rak kesehatan informasi untuk pertolongan pertama hanya tersedia di Amerika Serikat dengan dukungan bahasa Inggris dan bahasa Spanyol.

Dengan menampilkan rak kesehatan yang informatif, YouTube ingin meningkatkan akses video yang berkualitas bagi para pengguna yang tidak memiliki pelatihan medis. Video ini juga akan membantu para pengguna dalam berlatih.

“Kami berkomitmen untuk memanfaatkan kekuatan video untuk menjadikan informasi kesehatan masyarakat benar-benar publik dan kami selalu berupaya untuk meningkatkan jumlah pembuat konten kesehatan terkemuka dari berbagai latar belakang,” jelas YouTube.