Bagikan:

JAKARTA – Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, memiliki alternatif baru untuk login. Platform ini mulai mengaktifkan passkey atau kunci sandi yang mendukung autentifikasi biometrik.

Dengan menggunakan kunci sandi, pengguna X bisa melakukan login tanpa perlu memasukan password. Mereka hanya perlu mengautentikasi identitas mereka melalui metode sidik jari atau pemindaian wajah.

Selain menggunakan autentikasi biometrik, pengguna juga bisa memasukkan PIN atau kunci ponsel mereka. Dua cara ini jauh lebih mudah dibandingkan pengguna harus mengingat kata sandi yang sering kali rumit.

“Kunci sandi adalah cara baru, mudah digunakan, dan aman untuk masuk ke akun Anda. Kunci sandi lebih aman dibandingkan kata sandi tradisional karena dibuat satu per satu oleh perangkat Anda untuk setiap akun,” kata pihak Keamanan X.

Saat ini, dukungan kunci sandi hanya ada di perangkat iOS. Setiap kali pengguna memasukkan akun Twitter ke iPhone yang terhubung dengan iCloud, mereka bisa menggunakan kunci sandi. Sayangnya, fitur ini hanya untuk pengguna iOS di Amerika Serikat.

Untuk menggunakan kunci sandi di X, pengguna harus mengaktifkan fitur itu terlebih dahulu. Pertama, masuk ke aplikasi iOS dengan akun Twitter yang ingin digunakan, kemudian klik Akun Anda di bagian navigasi, lalu buka Pengaturan dan Privasi.

Setelah itu, klik Keamanan dan Akses Akun, lalu klik Keamanan. Setelah melihat opsi Perlindungan Kata Sandi Tambahan, pilih Kunci Sandi dan masukkan kata sandi dari akun Anda. Jika sudah, pilih Tambahkan Kunci Sandi dan ikuti sisa petunjuknya.

Setelah fitur ini aktif, pengguna akan selalu diminta menggunakan kunci sandi saat ingin masuk ke akun mereka. Perlu diingat bahwa kunci sandi hanya bisa digunakan saat ingin login, bukan saat ingin membuat akun baru.