Bagikan:

YOGYAKARTA - Penggunaan lebih dari 1 kartu SIM di dalam satu ponsel merupakan hal biasa bagi pengguna smartphone Android. Tapi, sebenarnya Dual SIM juga bisa digunakan pada ponsel iPhone.

Namun, sedikit berbeda dengan penggunaan Dual SIM di ponsel Android, untuk perangkat iPhone, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengubah pengaturan perangkat.

Kendati begitu, pengguna tidak perlu repot-repot datang ke Apple Centre untuk mengaktifkannya, karena hal tersebut bisa Anda lakukan sendiri karena caranya cukup mudah.

Pengguna iPhone hanya perlu memeriksa apakah smartphone Anda mendukung untuk penggunaan Dual SIM dalam 1 perangkat. Caranya, periksa IMEI ponsel Anda apakah perangkat tersebut mendukung penggunaan eSIM.

Berbeda dengan smartphone Android yang menyediakan 2 slot kartu SIM di perangkat mereka, penggunaan Dual SIM di iPhone adalah 1 slot kartu SIM dan 1 slot eSIM yang bisa Anda aktifkan.

Untuk membantu pengguna mengaktifkan Dual SIM di perangkat iPhone, tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda ikuti di bawah ini supaya pengaktifan eSIM menjadi lebih mudah.

Cara Mengaktifkan eSIM iPhone

Jika Anda ingin menggunakan Dual SIM di iPhone, maka pengguna dapat menggunakan eSIM, yakni kartu SIM elektronik yang bisa diaktifkan dengan menghubungi operator penyedia jaringan SIM tersebut.

Caranya, buka menu "Pengaturan" yang ada di halaman utama ponsel iPhone Anda. Setelah itu, klik opsi "Seluler" yang ada di dalam menu Pengaturan, kemudian Anda akan disajikan beberapa pilihan pengaturan Seluler.

Untuk mengaktifkan Dual SIM di perangkat iPhone, pengguna dapat memilih opsi "Tambahkan Paket Seluler". Setelah itu, Anda akan diminta untuk memindai QR code yang tertera di eSIM dari operator yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Setelah proses pemindaian sukses, klik Tambahkan "Paket Seluler". Anda akan disajikan beberapa pilihan pengaturan default untuk penggunaan eSIM tersebut, misal untuk data internet atau untuk telepon.

Setelah itu Klik "Selesai" dan tunggu beberapa saat hingga menu bar jaringan dari eSIM muncul di bagian atas layar ponsel Anda.

Jika menu bar eSIM sudah muncul di layar ponsel, maka Dual SIM di ponsel iPhone Anda sudah aktif, dan pengguna dapat menggunakan 2 nomor sekaligus di dalam 1 perangkat layaknya menggunakan smartphone Android.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur Dual SIM di ponsel iPhone. Pengguna dapat mengkatifkan eSIM pada menu pengaturan yang ada di perangkat Anda.