Bagikan:

JAKARTA - Pemilik iPhone 12 atau model terbaru mungkin secara tidak sengaja menguras baterai ponsel mereka, tetapi ada solusi mudah untuk mengatasinya. Teknologi 5G, meskipun dirancang untuk menghubungkan semua orang dan segala sesuatu secara virtual dengan mesin, objek, dan perangkat, seringkali menjadi penyebab baterai cepat habis.

Namun, Apple menawarkan cara untuk mencegah kehilangan daya baterai terlalu cepat dengan mengubah pengaturan sederhana.

Pemilik iPhone 12 atau model terbaru yang memiliki teknologi 5G dapat memulai dengan masuk ke Pengaturan, Seluler, lalu Opsi Data Seluler - atau Pengaturan, Data Seluler, lalu Opsi Data Seluler.

Bagi mereka yang menggunakan Dual SIM juga dapat melakukan penyesuaian dengan memilih Pengaturan, Seluler atau Pengaturan, Data Seluler.

Teknologi 5G pertama kali muncul di iPhone pada tahun 2020 dan sekarang tersedia di hampir semua model dari iPhone 12 hingga iPhone 15 terbaru.

Pemilik iPhone 12 atau model terbaru dapat memperpanjang masa pakai baterai mereka dengan memilih cara perangkat seluler mereka menggunakan teknologi 5G. Bagian Suara & Data dalam pengaturan memungkinkan Anda memilih antara tiga opsi: 5G Auto, 5G On, dan Long Term Evolution (LTE).

Siapa pun yang memilih 5G Auto akan mengaktifkan mode Smart Data - fitur yang memungkinkan iPhone beralih ke frekuensi yang lebih rendah, seperti LTE, untuk menghemat daya baterai.

5G On mirip dengan opsi Auto, kecuali akan hanya menggunakan jaringan 5G pada ponsel kapan pun tersedia, dan dapat menguras baterai Anda lebih cepat.

Opsi terakhir, LTE, adalah opsi standar pada perangkat seluler 4G yang digunakan untuk telekomunikasi nirkabel, dan juga akan menghemat waktu sebelum baterai perlu diisi ulang.

Pemilik iPhone 12 atau model terbaru dapat menentukan apakah mereka memiliki teknologi 5G dengan masuk ke Pengaturan dan memilih Opsi Data Seluler.

Pemilik iPhone yang memiliki teknologi ini akan melihat 5G dalam pilihan yang dibuat di Suara & Data dan Mode Data. Penyesuaian ini dapat membantu pemilik iPhone memperpanjang masa pakai baterai.

Selain pengaturan perubahan data ini, Apple menyarankan agar operator iPhone mengaktifkan Enhanced Data Usage pada perangkat seluler 5G mereka untuk meningkatkan kinerja ponsel.

Opsi ini akan mengaktifkan peningkatan data canggih dan perbaikan untuk aplikasi dan fungsi sistem iPhone.

Peningkatan ini dapat membantu dalam membuat panggilan FaceTime dengan resolusi lebih tinggi, meningkatkan definisi konten Apple TV, akses ke lagu dan video berkualitas tinggi di Apple Music, menerima pembaruan iOS, dan cadangan iCloud.

Pengaturan ini akan secara otomatis beralih ke 5G daripada Wi-Fi, yang akan membantu pengguna ponsel tanpa akses internet. Meskipun pengaturan ini akan meningkatkan kualitas ponsel, tidak seperti opsi di Suara & Data, ini akan meningkatkan penggunaan data iPhone.

Kesimpulannya, bagi mereka yang ingin menghemat daya baterai, pertama-tama perlu memeriksa apakah mereka memiliki 5G, dan dari sana, beralih ke 5G Auto atau bahkan LTE mungkin menjadi langkah terbaik.