Intip Bocoran Desain iPhone 12 yang Mirip iPhone 4
Bocoran desain iPhone 12 yang mirip iPhone 4 (Apple Insider)

Bagikan:

JAKARTA - Dari beragam kabar yang lalu lalang, iPhone 12 disebut akan mirip dengan model pendahulunya yakni iPhone 4, tentunya dengan balutan desain yang lebih modern. Hanya saja beberapa informasi terbaru menyatakan hal berbeda.

Dikutip dari Independent, sekilas tampilan iPhone 12 akan cukup menyerupai iPhone 11. Hanya saja bentuknya bakal lebih panjang dan juga lebih tipis.

Setidaknya itulah klaim yang dikemukakan oleh website asal Jepang, Macotakara yang mengaku mendapat informasi itu dari distributor Apple. Namun, perbedaan paling mencolok malah terletak pada kombinasi kameranya.

Hal tersebut jelas kontradiktif dari kabar yang sebelumnya dihembuskan oleh Ming Chi Kuo, analis industri Apple terpercaya yang mengklaim sumbernya dari penyuplai komponen. Ming-Chi menyebut iPhone 12 bakal menyerupai iPhone 4. Jadi patut ditunggu pihak mana yang benar.

Menurut Ming-Chi, iPhone baru ini akan mempunyai bingkai stainless steel, dan akan menggunakan lapisan kaca pada bagian layar dan belakang perangkatnya tersebut.

Di sisi lain, iPhone 12 diperkirakan akan menjadi seri iPhone pertama yang menggunakan empat kamera belakang. Ming-Chi Kuo mengatakan kamera keempat yang akan menghiasi punggung iPhone 12 adalah kamera Time-of-Flight (ToF). Fungsi kamera ToF ini merupakan alat bantu pemetaan AR (AR Mapping), dan bisa digunakan untuk model portrait dalam video.

Kamera ToF ini akan disandingkan dengan kamera wide, ultrawide dan telephoto. Teknologi kamera ini sebenarnya sudah digunakan oleh beberapa ponsel flagship lainnya seperti Galaxy Note 10 Plus yang bisa mengukur depth of field dengan objek lebih akurat.

Adapun notch sepertinya belum akan menghilang dari iPhone 12, tapi ukurannya akan mengecil dengan cukup signifikan. Walau ukurannya menjadi lebih kecil, sensor TrueDepth untuk FaceID tetap akan berfungsi secara normal.

iPhone 12 dikabarkan akan didukung teknologi chip modem Qualcomm X55 5G dengan kecepatan refresh 120Hz. Chip 5G pertama besutan Qualcomm ini mendukung semua pita frekuensi utama, mode operasi dan penyebaran jaringan. Desas-desus yang beredar, Apple juga akan menggunakan teknologi ProMotion yang telah lebih dahulu ditanamkan di iPad Pro.

Rumor lainnya, Apple telah memproduksi 5-nanometer chip yang akan digunakan dalam jajaran iPhone 2020 mendatang. Dari proses 5-nanometer juga akan menghasilkan chip yang lebih kecil, lebih cepat juga lebih efisien soal baterai karena peningkatan manajemen termal. Prosesornya iPhone 12 juga akan dibekali chip A14.

Sektor RAM nya, analis Blayne Curtis percaya bahwa iPhone 12 Pro akan memiliki RAM sebesar 6GB, sedangkan iPhone 12 hanya 4GB, mirip dengan generasi sebelumnya yakni iPhone 11.

Namun, belum ada bocoran jelas mengenai sektor baterai pada iPhone 12, tetapi diklaim Apple akan membenamkan perlindungan baterai khusus yang 50 persen lebih kecil dan tipis dari iPhone generasi sebelumnya.

Rencananya Apple akan merilis iPhone 12 dan 12 Pro pada September 2020 mendatang. Kabarnya, iPhone ini akan diluncurkan dalam dua model yakni Sub-6GHz dan Sub-6GHZ Plus MM. Soal harga, hingga kini belum ada yang berhasil menebak produk asal Cupertino, Amerika Serikat ini.