Sejauh yang Kita Tahu tentang iPhone 12 Saat Ini
IPhone 12 (Tangkapan layar ConceptsiPhone)

Bagikan:

JAKARTA - Apple selalu membuat kejutan di setiap tahunnya. Dikabarkan, iPhone 12 akan tiba, atau lebih tepatnya beberapa varian iPhone 12 akan datang. Hal itu dapat terendus dari rencana produsen ponsel cerdas tersebut untuk meluncurkan lebih dari satu model pada akhir tahun ini.

Melansir BGR, mereka mendapatkan bocoran mengenai prediksi peluncuran dan desain perangkat baru dari pabrikan asal Cupertino, California tersebut, meski tidak resmi namun bukti ini cukup akurat di masa lalu.

Jika menilik lebih dekat, tampaknya tiga model yang ditawarkan dari iPhone 12 akan sama seperti pendahulunya, trio iPhone 11 yakni iPhone 12 standar, ditambah dua versi yang lebih mahal dan premium.

Namun, yang menjadi pembeda utama adalah sektor kamera belakang, tetapi tetap menggunakan prosesor yang sama dengan model sebelumnya. Render menakjubkan mengenai bagaimana desain iPhone 12 telihat dari ConceptsiPhone lewat akun YouTube resminya berdasarkan semua rumor yang muncul sejauh ini.

Rumor mencuat bahwa Apple mungkin akan kembali menggunakan tampilan yang lebih klasik, misalnya membuang takik (notch) pada bagian layar depannya yang berukuran 6,7 inci.

Tidak ada notch artinya posisi kamera dan teknologi Face ID akan ditempatkan di bawah layar atau disematkan ke dalam bezel atas ponsel. Namun belum jelas apa yang Apple rencanakan ini. Sepertinya konsep ini agak mirip dengan yang sedang dikerjakan oleh produsen ponsel asal China, Oppo.

Apple memang sudah tertinggal jauh dengan pesaingnya, seperti Samsung, OnePlus dan Google yang telah lebih dahulu mendorong resolusi super tinggi layar refresh. Tetapi rumor beredar di mana Apple akhirnya memutuskan untuk mengejar ketinggalan tersebut dengan meng-upgrade kecepatan refresh layar hingga 120Hz dan jumlah piksel horizontalnya menapai 1440.

Masih membahas bocoran iPhone 12, kabarnya Apple akan mengemas beberapa komponen yang ditingkatkan di dalam iPhone barunya tersebut berupa chip Bionic A14. Beberapa varian iPhone 12 mungkin akan beralih ke RAM 6GB untuk pertama kalinya.

Menurut analis, Apple akan memberikan pengguna kinerja yang lebih baik ketika ponsel mengoperasikan banyak aplikasi, file besar dan teknologi canggih seperti augmented reality (AR).

Beberapa rahasia lainnya, bahwa iPhone 12 akan dibekali empat kamera di bagian belakang, tentu saja hal ini berbeda dari pendahulunya trio iPhone 11. Selama bertahun-tahun, Apple tidak pernah memikirkan soal kamera pada perangkatnya, akan tetapi konsep seperti ini harus diacungkan jempol.

Terakhir, tampaknya 2020 ini akan menjadi tahun di mana mereka segera mengadopsi ponsel dengan jaringan 5G pada iPhone andalannya, sehingga bisa dipastikan setidaknya beberpa model iPhone 12 akan datang dengan teknologi konektivitas generasi berikutnya. Bahkan Apple rencananya akan membangun antena 5G sendiri daripada mengandalkan komponen dari Qualcomm.

iPhone 12 tentunya akan hadir dengan iOS 14 dengan beberapa peningkatan perangkat lunak ini yang akan dipresentasikan di WWDC 2020 pada Juni mendatang.

Berdasarkan paten yang baru diterbitkan Apple, iPhone 12 mungkin muncul dengan logo belakang yang menyala, diklaim sebagai lampu pemberitahuan. Meski begitu, belum ada kepastian menyoal harga yang akan dijual oleh Apple untuk perangkat iPhone 12 nya ini. Kita harus bersabar menunggu.