Bocoran Terbaru, iPhone 15 Akan Dukung Kecepatan Pengisian hingga 35W dan Port USB-C
Ilustrasi iPhone yang selalu ditunggu para pecintanya. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA -Rincian baru telah muncul mengenai iPhone 15 yang sangat dinantikan dari Apple, kurang dari sebulan sebelum raksasa teknologi ini secara resmi mengungkapkan perangkat baru tersebut.

Seorang penyebar informasi (leaker) mengklaim bahwa iPhone 15 akan mendukung kecepatan pengisian hingga 35W – jauh lebih cepat daripada pendahulunya, iPhone 14, yang memiliki kecepatan pengisian hanya 20W.

Hal ini berarti smartphone yang akan datang ini bisa terisi dari 0 hingga 100 persen dalam waktu satu jam saja, menghemat waktu berharga bagi pengguna yang sedang terburu-buru.

Para ahli sepakat bahwa iPhone 15 – yang konon akan diungkapkan pada 12 atau 13 September – juga akan memiliki port pengisian baru USB-C.

Apple sudah menjual adaptor daya USB-C 35W seharga 69 pound (Rp1,3 juta), yang mungkin akan dikemas bersama ponsel flagship ketika akhirnya diluncurkan.

Berita ini diungkapkan oleh 9to5Mac, mengutip 'sumber industri', meskipun belum jelas apakah pengisian 35W akan didukung oleh semua model iPhone 15.

Diharapkan bahwa Apple akan mengungkapkan empat variasi dari iPhone 15 – model standar, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

"Menurut orang-orang yang familiar dengan masalah ini, kabarnya iPhone 15 mendukung pengisian hingga 35W," demikian laporan tersebut.

"Setidaknya beberapa model iPhone 15 yang baru dapat diisi dayanya hingga 35W, yang seharusnya memungkinkan kecepatan pengisian yang lebih cepat pada ponsel baru tersebut," tambah laporan itu.

35W (watt) mengacu pada jumlah daya yang diberikan ke baterai ponsel – namun jika ponsel tidak mendukung tingkat pengisian ini, maka pengisian tidak akan menjadi lebih cepat dan hanya akan menyia-nyiakan energi.

Saat ini, iPhone 14 Pro terbatas pada pengisian 27W, sehingga memerlukan sekitar dua jam untuk pengisian penuh – dan menghubungkannya ke pengisi daya 35W tidak akan mempercepat pengisian.

Namun, iPhone 15 yang mendukung 35W akan memakan waktu lebih singkat – potensial hanya satu jam untuk mencapai pengisian 0 hingga 100 persen. Namun, hal ini masih sederhana dibandingkan dengan beberapa smartphone yang dibuat oleh pesaing Apple di Asia.

Misalnya, Samsung Galaxy S23 Ultra mendukung pengisian hingga 45W, yang memungkinkan pengguna mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen dalam waktu kurang dari satu jam.

Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 12 Explorer dikatakan bisa mengisi daya dari 0 hingga 100 persen dalam waktu hanya sembilan menit.

Para analis dan leaker umumnya sepakat bahwa iPhone 15 akan menjadi iPhone pertama dengan port pengisian USB-C.

Apple telah beralih dari desain pengisian khususnya yang disebut Lightning, yang dikenali dari delapan pinnya, menjadi USB-C karena adanya undang-undang Uni Eropa.

Legislasi baru di Eropa bertujuan untuk membuat desain pengisian tunggal menjadi standar umum dan pada akhirnya mengurangi limbah elektronik.

Apple sebenarnya dipaksa untuk melakukan perubahan desain ini karena undang-undang (meskipun sebenarnya bisa memproduksi iPhone dengan port Lightning jika dijual di negara di luar Uni Eropa).

Rincian lain tentang flagship baru Apple secara perlahan telah bocor berdasarkan pengetahuan internal dan petunjuk dari "unit tiruan" (model akurat yang diberikan kepada pihak ketiga untuk merancang aksesori ponsel mereka).

iPhone 15 kemungkinan akan memiliki tepi yang lebih melengkung, bingkai dari titanium bukan baja tahan karat, bingkai yang lebih kecil mengelilingi tepi (bezel), dan Dynamic Island pada keempat modelnya.

Tidak diketahui berapa harga iPhone 15, meskipun para analis telah mengatakan bahwa dua model paling mahal – iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max – akan lebih mahal daripada pendahulunya.

Mark Gurman, seorang penyebar informasi (leaker) AS dan ahli Apple, berpendapat bahwa acara peluncuran Apple untuk iPhone 15 akan berlangsung dalam waktu sedikit lebih dari tiga minggu – pada tanggal 12 atau 13 September.

Dia mengatakan bahwa dia telah diberi tahu (oleh sumber yang tidak disebutkan namanya) bahwa ponsel tersebut akan dijual pada tanggal 22 September, yang berarti Apple akan "mendapatkan sekitar seminggu penjualan iPhone 15 dalam kuartal keempat fiskalnya."

Apple sejauh ini belum mengumumkan acara peluncuran apa pun, meskipun teaser dan undangan mungkin akan dikirimkan dalam beberapa hari mendatang.

Penggemar tentu berharap Apple tidak harus menunda peluncuran hingga Oktober karena masalah manufaktur, seperti yang diklaim oleh seorang analis AS.