Bagikan:

JAKARTA - Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) telah mengumumkan kemitraan strategisnya dengan platform SaaS web3, Venly, untuk memperkenalkan serangkaian koleksi digital NFT. Menyambut negara tuan rumah Jepang, Filipina, dan Indonesia, koleksi kenang-kenangan digital ini telah diciptakan untuk merefleksikan esensi acara tersebut dan akan resmi diluncurkan pada tanggal 21 Agustus.

Koleksi ini meliputi token non-fungible (NFT) yang terdiri dari empat penawaran yang berbeda. Masing-masing penawaran dirancang untuk memenuhi minat para penggemar dan kolektor bola basket.

Salah satunya adalah "Fan's Frenzy," sebuah kenang-kenangan digital tingkat pemula yang dipersembahkan untuk memperingati Piala Dunia FIBA 2023. Turnamen prestisius ini akan berlangsung dari tanggal 25 Agustus hingga 10 September, dan koleksi ini spesial dirancang bagi para penggemar dan kolektor yang bersemangat terhadap acara tersebut.

Selanjutnya, ada koleksi "Kebanggaan Nasional" yang menampilkan 32 desain unik, masing-masing terkait dengan tim nasional yang berpartisipasi. Sementara itu, koleksi "Ultimate Courtside," akan hadir dalam jumlah terbatas, yakni 1.500 unit, dan akan berfokus pada sejarah panjang bola basket.

"Golden Glory" merupakan koleksi yang ditujukan kepada para pemilik kenang-kenangan digital "Kebanggaan Nasional" dari negara-negara yang mengukir prestasi gemilang.

Koleksi-koleksi ini akan tersedia di toko NFT Shopify Piala Dunia FIBA. Semua barang digital ini diterbitkan di jaringan Polygon (MATIC) melalui aplikasi Shopify, dan dapat diakses melalui Dompet Venly. Seiring dengan menjelang Piala Dunia Bola Basket 2023, perpaduan antara olahraga, teknologi blockchain, dan koleksi digital menjanjikan pengalaman yang luar biasa bagi para penggemar di seluruh dunia.

Namun, pantas dicatat bahwa pasar NFT menghadapi tantangan baru-baru ini. Dalam beberapa minggu awal Agustus 2023, DappRadar, platform yang memantau aplikasi terdesentralisasi (dapps), melaporkan penurunan pasar NFT, meskipun ada investasi dan kemitraan baru yang masuk ke industri ini.

Meski demikian, minat terhadap NFT yang berkaitan dengan olahraga, terutama bola basket, tetap signifikan. Contohnya adalah NFT Top Shot, yang merekam momen-momen bersejarah dalam pertandingan NBA dan telah mencatat lebih dari 1 miliar penjualan menurut CryptoSlam.