Bagikan:

JAKARTA – Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) secara resmi membuka kantor baru mereka di Indonesia. Kantor tersebut menjadi kantor ketiga FIBA di kawasan Asia setelah China dan Singapura.

Kantor yang berlokasi di Lantai 3 Menara Danareksa, Jakarta Pusat, tersebut diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Selasa, 17 September 2024, siang WIB.

"Saya menyambut gembira akan kehadiran kantor FIBA di Indonesia sebagai bentuk dukungan nyata dari FIBA dalam percepatan peningkatan prestasi olahraga basket di Indonesia," ujar Joko Widodo dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Joko Widodo juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan FIBA menunjuk Indonesia untuk menyelenggarakan Piala Dunia Bola Basket FIBA (FIBA World Cup) tahun 2023.

Joko Widodo mengatakan bahwa kepercayaan seperti itu membuat Indonesia semakin berkomitmen untuk mendukung bakat besar pemuda di bidang olahraga, khususnya bola basket.

"Dengan melakukan pembinaan dan pelatihan serta menyelenggarakan acara olahraga sebanyak mungkin dan dengan membangun venue-venue berstandar internasional," kata dia.

Kehadiran kantor FIBA ini disambut baik juga oleh Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi). Kedatangan FIBA diharapkan bisa membantu mengakselerasi prestasi dan industri di bola basket Indonesia.

"Selain itu, sesuai dengan harapan Bapak Presiden Joko Widodo juga, mudah-mudahan semakin banyak anak-anak muda Indonesia yang menggemari olahraga bola basket," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketum PP Perbasi, Ardima Rama Putra.

Sekretaris Jenderal FIBA, Andreas Zagklis, dalam laporannya menyampaikan bahwa kantor FIBA di Indonesia bukan hanya menjadi bagian dari warisan Piala Dunia.

Dia menjelaskan bahwa kehadiran kantor ini merupakan bentuk kepercayaan dan keyakinan kuat FIBA terhadap potensi pemuda dan dukungan terhadap olahraga basket di Indonesia.

"Di sini kami akan memiliki sejumlah proyek terutama yang melibatkan lebih banyak pemuda Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan, untuk bermain bola basket dan menjalani gaya hidup sehat, serta untuk membawa Timnas Indonesia ke tingkat lebih tinggi," ujar Zagklis.