Bagikan:

JAKARTA - Calon pemain Timnas Indonesia, Eliano Reijnders, tengah menjalani naturalisasi demi bisa menjadi bagian Skuad Garuda.

Terbaru, ia hadir secara daring dalam permohonan rekomendasi naturalisasi di rapat kerja Komisi III dan X DPR RI.

Eliano tampak begitu antusias menanti status barunya sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Dia sempat berbincang dengan Pimpinan Rapat Komisi X DPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, M.P.P. Dalam kesempatan itu, Eliano membeberkan hal yang membuatnya begitu bersemangat menjadi bagian dari Indonesia.

"Perbedaan besar, Indonesia adalah negara yang besar dan sangat mencintai sepak bola. Di Belanda, orang suka sepak bola, tapi juga suka dengan olahraga lainnya," kata Eliano Reijnders di sela rapat pada Selasa, 17 September 2024, sore WIB.

Bicara soal sepak bola di Indonesia, Eliano juga menyinggung soal fanatisme pendukung Skuad Garuda. Militansi para suporter membuatnya kian bersemangat untuk menuntaskan naturalisasinya.

Eliano mengaku melihat laga Timnas Indonesia vs Australia di partai kedua Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 10 September 2024, ada lebih dari 70 ribu orang memadati tribun.

"Sangat bagus, suporter memenuhi stadion. Saya melihat ketika Indonesia melawan Australia. Banyak orang yang senang dengan hasil itu. Kita bisa mengamankan satu poin yang tentu sangat bagus karena kita bisa mendapatkan lebih ke depan," katanya.

Sebelumnya, Eliano menjelaskan soal kelebihan dirinya yang selama ini berkarier di Belanda. Dengan pengalaman yang telah dijalani, dia percaya bisa memberikan kontribusi besar untuk Skuad Garuda.

"Saya bisa bermain di berbagai posisi berbeda. Saya senang bermain di tim ini, bersama rekan satu tim saya (di Timnas Indonesia)."

"Karena saya banyak bermain di Belanda, saya bisa membantu tim (Indonesia) menggapai posisi di Piala Dunia dan mungkin bisa lebih dari ini," kata Eliano percaya diri.