Bagikan:

JAKARTA - Eliano Reijnders telah resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI) setelah proses pengambilan sumpah di Belga pada Senin, 30 September 2024, malam WIB. Status baru Eliano ini kemudian turut direspons oleh pemain bintang AC Milan, Tijjani Reijnders.

Pesepak bola yang merumput di Serie A ini merupakan kakak kandung kandung Eliano. Keduanya sama-sama memilih jalan hidup sebagai pesepak bola profesional, meski karier Tijjani lebih dulu menanjak ketimbang sang adik.

Gelandang berdarah Maluku itu lebih dulu mendapat kepercayaan membela Timnas Belanda sejak 2023. Sementara Eliano saat ini bermain untuk PEC Zwolle di Eredivisie.

Meski kakak beradik ini memiliki pilihan hidup berbeda, Tijjani secara penuh mendukung Eliano yang kini sudah resmi jadi WNI dan berpeluang membela Timnas Indonesia.

Dukungan Tijjani Reijnders untuk sang adik ditunjukkan lewat unggahan di akun sosial medianya. Dalam video singkat, Tijjani memperlihatkan momen sang adik bersama Mees Hilgers dalam sesi pemotretan mengenakan jersey Timnas Indonesia.

Eliano saat itu menggunakan jersey nomor 7 sementara Hilgers mendapat nomor 20.

Mengiringi unggahan itu, tak banyak yang dituliskan Tijjani. Dia hanya menambahkan emoji wajah dengan mata bintang dan otot lengan pertanda semangat serta menyebut akun milik sang adik.

Setelah menjalani sumpah WNI, Eliano hanya tinggal menunggu berkas pribadinya diajukan PSSI ke FIFA. Hal ini guna perpindahan asosiasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) untuk menandai bahwa Eliano sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Eliano tak sendiri, bersama Mees Hilgers keduanya sengaja dinaturalisasi PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Skuad Garuda saat ini memang tengah dalam persiapan untuk menghadapi Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober 2024 di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.