Bagikan:

JAKARTA - Naturalisasi Mees Hilgers terus berjalan. Dia bakal selangkah lagi mengambil sumpah warga negara Indonesia (WNI) di Belanda yang direncanakan pada Minggu, 21 September 2024.

Sebelumnya, naturalisasi Hilgers dikerjakan bersamaan dengan Eliano Reijnders dan telah mendapat persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI pada Selasa, 17 September 2024.

Naturalisasi Mees dan Eliano tinggal menunggu Paripurna DPR RI yang rencananya dibahas pada Kamis, 19 September 2024, lalu dibawa ke Kemensetneg untuk mendapat surat keputusan dari Presiden Joko Widodo.

Berikutnya, Mees dan Eliano akan menjalani sumpah WNI. Rencananya pengambilan sumpah WNI Hilgers dan Reijnders dilakukan di Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, Belanda.

Dikutip dari Voetbalprimeur, Hilgers terkesan dengan sambutan hangat dari Indonesia. Dia diklaim tidak menyesali pilihan bermain bersama Timnas Indonesia.

Dalam pemberitaan itu, pemain 23 tahun ini betah dengan suasana di Asia. Akan tetapi, komunikasi di Timnas Indonesia menjadi tantangan karena Hilgers mengaku kemampuan berbahasa Indonesia belum bagus.

"Bahasa (Indonesia) saya belum begitu bagus. Sebenarnya tidak bagus sama sekali," ujar Hilgers dikutip dari Voetbalprimeur pada Kamis, 19 September 2024.

Pesepak bola muda yang kini membela FC Twente ini juga mengatakan bahwa ketika bergabung Timnas Indonesia, ia menggunakan bantuan penerjemah.

Sebelumnya diketahui bahwa Hilgers dan Reijnders sudah bergabung dalam sesi latihan Timnas Indonesia menjelang lawan Australia beberapa waktu lalu.

"Kami memiliki penerjemah di sana yang berbicara bahasa Inggris," tutur Hilgers.

Naturalisasi Mees dan Eliano ini dikebut agar kedua pemain ini bisa segera berkontribusi dalam Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab agenda Timnas Indonesia berikutnya adalah melawan Bahrain (10 Oktober 2024) dan China (15 Oktober 2024).