Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik datang terkait naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Kedua calon pemain Timnas Indonesia ini berpeluang dijadwalkan mengambil sumpah warga negara Indonesia (WNI) di Belanda pada Minggu, 22 September 2024.

Berita positif ini disampaikan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas. Dalam keterangan yang diterima Rabu, 18 September 2024, ia mengatakan kemungkinan pengambilan sumpah itu dilaksanakan di Belanda karena adanya perwakilan Dirjen AHU yang memang akan bertolak ke Belanda.

"Mungkin hari Minggu (22 September 2024, nanti perwakilan Dirjen AHU akan berangkat ke sana. Mudah-mudahan hari Senin (23 September 2024) sudah bisa prosesnya," kata Supratman.

Supratman mengungkapkan alasan pengambilan sumpah ini dilakukan di Negeri Kincir Angin. Pasalnya, Hilgers dan Eliano memiliki jadwal padat membela klub masing-masing di Liga Belanda atau Eredivisie.

Saat ini Hilgers tercatat menjadi bagian dari FC Twente, sementara Eliano memperkuat sesama tim Eredivisie, PEC Zwolle.

Hilgers bahkan baru saja selesai bertanding melawan Heerenveen pada laga tunda Eredivisie, Rabu, 18 September 2024, dini hari WIB.

"Karena kita mengejar target untuk pertandingan ketiga (Kualifikasi Piala Dunia 2026) yang akan datang, yang akan berlangsung di Bahrain maupun yang di China."

"Kalau kita menunggu mereka datang ke sini hari ini, keduanya tidak diizinkan sementara untuk meninggalkan klubnya masing-masing. Karena itu, kita proaktif pengambilan sumpahnya akan diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda," ujar Supratman.

Supratman lebih lanjut menuturkan bahwa pengambilan sumpah WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda tetap sah.

"Tidak ada masalah karena jangan lupa, Kantor Kedubes RI itu wilayah kedaulatan Indonesia. Jadi, tidak ada masalah," ujarnya.

Kemenkumham bergerak cepat karena Timnas Indonesia membutuhkan tenaga Hilgers dan Eliano untuk menghadapi laga lanjutan Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan melakoni dua laga tandang melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan China pada 15 Oktober 2024.

Harapannya Hilgers dan Eliano bisa didaftarkan dan bermain di dua pertandingan tersebut.