Bagikan:

JAKARTA - Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah resmi menuntaskan perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia). Setelah menjadi bagian Timnas Indonesia, kedua pemain ini langsung mendapat target untuk bisa membantu tim memetik poin melawan Bahrain dan China.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengucapkan sumpah warga negara di Auditorium Kedubes RI untuk Belgia, Brussels, Senin, 30 September 2024.

Setelah keduanya mengucapkan sumpah WNI, PSSI langsung memproses pindah federasi.

Kini, proses tersebut telah selesai dan keduanya sudah dipastikan bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada ajang tersebut, Timnas Indonesia bakal melakoni dua pertandingan tandang kontra Bahrain (10 Oktober 2024) dan China (15 Oktober 2024).

Kehadiran Mees dan Eliano dalam Skuad Garuda disambut baik Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Demi membangitkan semangat, Erick Thohir bahkan menargetkan kedua pemain ini bisa membantu Timnas Indonesia membawa poin dari Bahrain dan China.

"Meski demikian, jangan anggap ketika lawan Australia atau Jepang dan tim lain, Timnas Indonesia langsung diposisikan sebagai lawan yang seimbang," ujar Erick Thohir dalam rilis pada Kamis, 3 Oktober 2024.

"Peringkat FIFA menyatakan perbedaan itu. Karena Indonesia underdog, target saya dengan hadirnya Mees dan Eliano berarti harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan China nanti," katanya.

Menurut Erick, target mengumpulkan 15 poin dalam 10 laga di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia merupakan tugas yang tidak mudah. Soalnya, posisi Indonesia terhitung underdog.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C. Tim asuhan Shin Tae-yong itu mengumpulkan dua poin setelah dua kali imbang kontra Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).