Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengungkapkan alasan mengambil langkah cepat dalam naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Dalam proyeksi jangka panjang sepak bola Tanah Air, kehadiran kedua nama ini diharapkan bisa membantu Indonesia tembus posisi 100 besar peringkat FIFA.

"Kajian proyeksi pemberdayaan atlet tersebut dimaksud untuk jangka panjang (di atas 5 tahun), untuk membantu menembus target jangka panjang dengan membawa posisi Indonesia di ranking 100 besar FIFA," kata Dito Ariotedjo saat rapat Komisi III DPR RI pada Selasa, 17 September.

Mees Hilgers merupakan pesepak bola muda yang memiliki pengalaman internasional dengan mewakili Timnas Belanda di level U-21.

Sementara Eliano Reijnders merupakan pemain klub Belanda, PEC Zwolle, yang juga masih berusia 23 tahun.

Proses pengajuan naturalisasi keduanya telah dibahas dalam rapat kerja Komisi III dan Komisi X DPR RI dan telah mendapat persetujuan untuk dilanjutkan.

Demi mendapat status warga negara Indonesia (WNI), proses masih berlanjut ke Rapat Paripurna DPR RI kemudian Kemensesneg untuk mendapatkan surat keputusan dari Presiden Joko Widodo.

Lalu, proses terkahir ialah pengambilan sumpah dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Selain untuk membantu Indonesia tembus 100 besar FIFA dalam proyek jangka panjang, kenaikan peringkat itu juga membuat peningkatan di level Asia. Menpora menargetkan Indonesia masuk 10 besar Asia.

Kemudian, hadirnya Mees dan Eliano juga menjadi kabar baik untuk Skuad Garuda dalam waktu dekat.

Naturalisasi Mees dan Eliano yang tengah dikebut berkaitan dengan agenda Timnas Indonesia. Keduanya diharapkan bisa segera bergabung tim di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober 2024 saat melawan Bahrain dan China.