Jadwal Padat Timnas Basket Putra Menuju Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021
Pemain Timnas Basket Putra Indonesia, Andakara Prastawa Dhyaksa (Situs Resmi IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional basket putra Indonesia saat ini belum memulai persiapan menuju putaran kedua Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Para pemain diliburkan dan sang pelatih, Rajko Toroman, dikabarkan kembali ke negara asalnya, Serbia.

Saat ini, timnas basket putra Indonesia terpaksa 'dirumahkan' mengingat pagebluk COVID-19 masih merajalela dan belum ada lampu hijau dari pemerintah. Namun, jadwal padat menanti jajaran tim pelatih jika semua kembali normal.

Pasalnya, timnas basket Indonesia akan menjalani Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 mulai November mendatang. Artinya, persiapan harus sudah dilakukan setelah kondisi memungkinkan.

Seperti dikutip dari situs resmi IBL, rencana awal timnas basket putra bakal menggelar program latihan sekaligus seleksi ulang pemain pada Juni 2020. Namun, terpaksa diundur pada Agustus mendatang karena COVID-19 belum bisa ditangani.

Pada bulan yang sama, akan dilakukan pemusatan latihan (TC) ke Taiwan. Ini merupakan salah satu persiapan menuju Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Nantinya, hanya ada 15 pemain yang dipilih untuk membela timnas basket putra. Sebagian besar akan diisi pemain Indonesia Patriots yang musim ini berkompetisi di Indonesian Basketball League.

Dilansir situs resmi FIBA, Senin, 8 Juni, timnas basket putra Indonesia akan memulai putaran kedua Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 dengan menghadapi Thailand pada 27 November mendatang. Tiga hari berselang, giliran Korea Selatan yang jadi lawan skuat Merah Putih. 

Laga kualifikasi berikutnya akan berlangsung pada Februari 2021. Indonesia akan menghadapi Filipina (18 Februari) dan Thailand (21 Februari).

Saat ini, timnas basket putra Indonesia menempati posisi ketika klasemen sementara Grup A. Dari dua laga yang sudah dilakoni, skuat Merah Putih kalah dua kali, yakni lawan Korea (76-109) dan Filipina (70-100).