PP Perbasi Panggil 21 Pemain Persiapan Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Lawan Arab Saudi dan Yordania
Tim nasional basket Indonesia (INSTAGRAM @official_timnasbasket)

Bagikan:

JAKARTA – Induk bola basket nasional (PP Perbasi) resmi memanggil 21 pemain. Pemanggilan itu sebagai persiapan untuk pertandingan jendela kedua Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Pemanggilan ini diumumkan lewat akun Instagram resmi timnas basket Indonesia @official_timnasbasket pada Rabu, 9 Februari petang WIB.

Tim basket Indonesia dijadwalkan melakoni dua laga kualifikasi dalam bulan ini. Pertama tim asuhan Rajko Toroman itu akan menghadapi Arab Saudi pada 24 Februari, menyusul tiga hari kemudian berjumpa dengan Yordania. 

Toroman memanggil hampir seluruh pemain yang sebelumnya ikut membela timnas basket di jendela pertama di Lebanon. Hanya Govinda Saputra yang tidak dipanggil kembali mengikuti training camp. 

Selain itu, pelatih juga memanggil sejumlah pemain muda seperti Ali Bagir, Aldy Izzatur, Ikram Fadhil, Indra Muhammad, Kelvin Sanjaya, Muhammad Arighi, dan Yudha Saputra. 

Ali Bagir sendiri pernah mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di jendela ketiga Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021. Namun, ketika itu ia tidak dibawa sang pelatih.

Pelatih Toroman sebelumnya sudah memantau nama-nama yang dipanggil sejak seri pertama IBL 2022 yang berlangsung di Jakarta. Pemantauan itu seharusnya berlanjut ke seri kedua di Bandung pada 29 Januari sampai 5 Februari.

Namun, seri Bandung baru-baru ini ditangguhkan sampai awal Maret karena lonjakan kasus COVID-19. Perpanjangan seri kedua ini otomatis mengubah jadwal seri ketiga yang berlangsung di Yogyakarta.

Padahal, rencananya anak asuh Toroman akan menggelar pemusatan latihan setelah seri ketiga IBL di  Yogyakarta yang seharusnya berlangsung pada 10-16 Februari.

Ketika itu perhitungannya, setelah memperkuat masing-masing klub, para pemain terbaik Indonesia langsung gabung timnas Indonesia. Meski demikian, rencana tersebut dalam perjalanan harus berubah seiring penundaan yang terjadi di seri Bandung.

Pada kualifikasi jendela pertama Indonesia kalah telak 38-96 saat menghadapi Lebanon dalam pertandingan perdana Grup C zona Asia pada November 2021 lalu.

Skuad Merah Putih kembali menderita kekalahan berikutnya saat bersua Lebanon di laga kedua. Ketika itu, pasukan Toroman harus mengakui keunggulan lawan dengan skor akhir 64-110.

Berikut daftar nama yang dipanggil PP Perbasi:

Abraham Damar Grahita

Agassi Goantara

Aldy Izzatur Rahman

Ali Bagir Wayarabi Alhadar

Andakara Prastawa

Arki Wisnu

Brandon Jawato

David Nuban

Hardianus Lakudu

Ikram Fadhil

Indra Muhammad

Juan Laurent

Kevin Yonas Sitorus

Kelvin Sanjaya

Lester Prosper

Muhammad Arighi

Sandy Ibrahim Aziz

Putu Pande

Vincent Rivaldi Kosasih

Widyanta Putra Teja

Yudha Saputra