Timnas Basket Mulai Gelar Pemusatan Latihan Persiapan Kualifikasi FIBA World Cup 2023
Tim nasional basket Indonesia (PP PERBASI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional bola basket Indonesia sudah mulai menggelar pemusatan latihan. Total sebanyak 21 pemain mengikuti kegiatan yang berlangsung di GBK Arena, Jakarta.

Pemusatan latihan ini sebagai persiapan jendela kedua Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Indonesia dijadwalkan bersua Arab Saudi pada 24 Februari dan tiga hari kemudian bertemu Yordania.

"Total ada 21 pemain untuk pemusatan latihan ini, tapi yang berangkat ke Arab Saudi nanti 12 pemain," kata Sekretaris Badan Tim Nasional Cyrus Harsaningtyas dalam keterangan resmi PP Perbasi pada Kamis.

Tujuan memanggil pemain yang jumlahnya hampir dua kali lipat dari yang akan diberangkatkan adalah untuk mengantisipasi kemungkinan cedera atau ada pemain yang nanti positif COVID-19. 

Ada tiga pemain yang sebelumnya berada di luar negeri pun sudah bergabung di Jakarta. Mereka adalah Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Agassi Goentara. 

"Per 9 Februari semua pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan sudah mulai masuk hotel untuk diinapkan di sana sampai keberangkatan tim," kata Cyrus.

Tim nasional basket Indonesia akan meninggalkan Jakarta menuju Arab Saudi pada Minggu, 20 Februari malam.

Anak asuh Rajko Toroman diharapkan bisa mendapat hasil lebih baik di kualifikasi kali ini. Sebelumnya Indonesia harus menerima dua kekalahan saat bersua Lebanon pada November tahun lalu.

Pemusatan latihan ini digelar lebih awal karena penundaan seri kedua di Bandung. Seri tersebut seharusnya selesai pada 5 Februari lalu, tapi lonjakan kasus COVID-19 memaksa penyelenggara menunda kompetisi sampai awal Maret.