Perbasi Pilih 14 Pemain untuk Jendela II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Lawan Arab dan Yordania
Tim nasional bola basket Indonesia (HUMAS PP PERBASI)

Bagikan:

JAKARTA — Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) memilih sebanyak 14 pemain untuk memperkuat tim nasional pada jendela II Kualifikasi Grup C FIBA World Cup 2023 zona Asia.

Indonesia dijadwalkan menjalani dua laga kualifikasi dalam bulan ini. Pertama melawan Arab Saudi pada 24 Februari mendatang di King Abdullah Sports City Hall, Jeddah, kemudian berselang tiga hari setelahnya melawan Yordania di Prince Hamzah Hall, Amman, Yordania.

Pemain-pemain yang dipilih adalah Andhakara Prastawa, Abraham Damar, Agassi Goantara, Widyantara Putra Teja, Yudha Saputra, Aldy Izzatur Rahman, Vincent Kosasih, Brandon Jawato, Lester Prosper, Kaleb Ramot, Juan Laurent, Kevin Yonas, Ali Bagir, dan Muhammad Arighi.

"Semua pemain yang kita panggil tentulah pemain terbaik menurut coach staff kita. Jadi untuk kondisi pastinya 14 pemain inilah pemain dengan kondisi terbaik dan paling siap," ungkap Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Jeremy Immanuel Santoso dalam keterangan yang diterima.

Tim bola basket Indonesia akan bertolak ke Timur Tengah pada Minggu, 20 Februari. Pengecualian buat Kaleb yang langsung menyusul ke Yordania karena terkendala visa masuk Arab Saudi.

"Kaleb dan saya baru dipanggil Timnas minggu lalu jadi sangat disayangkan visa KSA tidak bisa mendapatkan clearance tepat waktu. Jadi kami langsung menyusul tim ke Yordania," kata Jeremy.

Tim nasional basket Indonesia menjalani pemusatan latihan di Jakarta sejak 10 Februari lalu. Tidak semua pemain memenuhi panggilan dari 22 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan yang digelar di Jakarta.

"Satu orang ternyata positif langsung dikembalikan ke klubnya. Dua orang yang ikut seleksi tidak dibawa ke Arab Saudi dan Yordania. Mereka tidak dibawa karena kebutuhan team dan persaingan selama seleksi," kata Asisten Pelatih Timnas Bola Basket Indonesia Wahyu Widayat Jati.

Pemain-pemain yang tidak memenuhi pemanggilan di antaranya adalah Indra Muhammad, Ikram Fadhil, Arki Dikania Wisnu, Sandy Ibrahim, dan Hardianus Lakudu. Mereka tida bisa bergabung karena masalah kesehatan dan cedera. 

Sementara itu, Kelvin Sanjaya tidak bisa melanjutkan pemusatan latihan karena terpapar COVID-19. Adapun Neo Pande dan David Nuban masih kalah bersaing dengan pemain sehingga tidak dibawa.