Lawan Yordania, Timnas Basket Diminta Tampil Lebih Baik
– Tim nasional basket Indonesia harus bisa tampil lebih baik saat bertemu Yordania. (foto; dok. Fiba)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional basket Indonesia tengah bersiap menghadapi Yordania. Mereka diminta harus tampil lebih baik di pertandingan tersebut.

Indonesia akan berjumpa Yordania di jendela II Kualifikasi FIBA World Cup Grup C zona Asia pada Sabtu, 27 Februari. Duel itu berlangsung di Prince Hamza, Amman.

Sebelum bertamu ke Yordania, skuad Indonesia sudah lebih dahulu merasakan kekalahan saat bertemu Arab Saudi pada Kamis, 24 Februari. Dalam laga itu Andakara Prastawa dan kawan-kawan ditekuk 95-66.

Asisten pelatih tim nasional Indonesia Wahyu Widayat mengatakan bahwa timnya akan memaksimalkan waktu istirahat yang singkat sebaik mungkin agar bisa maksimal di lapangan melawan Yordania. Terlebih, laga ini bagi penting bagi Indonesia.

"Pertandingan ini sekaligus untuk mengukur kekuatan kita untuk menghadapi FIBA Asia Cup nanti. Jadi kami harus bermain lebih baik dari pertandingan melawan Arab Saudi," kata Wahyu dalam keterangan resmi.

Di ajang FIBA Asia Cup pada Juli mendatang, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania. Dalam grup yang sama bergabung juga Arab Saudi dan Australia.

FIBA Asia Cup 2022 sangat penting bagi Indonesia karena bisa menjadi satu-satunya jalur untuk tampil di FIBA World Cup tahun depan. Indonesia hanya bisa berharap dari jalur FIBA Asia untuk melangkah ke FIBA World Cup setelah kesulitan bersaing lewat jalur kualifikasi akibat sudah menelan tiga kekalahan.

Wahyu mengatakan bahwa beruntung kekalahan terakhir yang diterima timnya dari Arab Saudi tidak sampai merontokkan semangat tanding para pemain. Anak didiknya sejauh ini tetap semangat dan optimistis menatap laga melawan Yordania.

"Mental tidak ada masalah. Walau kemarin performa kurang sesuai harapan. Untuk menjaga pemain tetap semangat, kami lakukan rutinitas yang biasa dilakukan di timnas," ujarnya.

Sementara itu, asisten manajer timnas Indonesia, Ferri Jufry, meyakini bahwa Yordania akan kesulitan menjinakkan tim besutan Rojko Toroman ini. Namun, para pemain harus bisa menjaga ritme seperti saat kuarter pertama melawan Arab.

"Kita bisa berbuat banyak jika mampu pertahankan permainan seperti pada kuarter pertama saat melawan Arab Saudi, ketika bertemu Yordania nanti. Harus diakui, memang kekurangan kita saat ini adalah kebugaran pemain," ujarnya.

FIBA Asia Cup 2022 akan digelar di Indonesia pada 12 hingga 24 Juli 2022. Kejuaraan yang sempat tertunda akibat pandemi COVID-19 ini bakal berlangsung di Istora, GBK, Senayan, Jakarta.