Persiapan Kualifikasi FIBA World Cup 2023, Tim Basket Indonesia Jalani Latihan 2 Kali Sehari
Pemain Indonesia Patriot dalam pertandingan di IBL 2022 (INSTAGRAM @official_timnasbasket)

Bagikan:

JAKARTA –  Tim nasional basket putra Indonesia menjalani latihan dua kali dalam satu hari. Ini sebagai langkah untuk mendapat hasil terbaik di jendela kedua Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Indonesia dijadwalkan menghadapi Arab Saudi pada 24 Februari mendatang, menyusul hari kemudian anak asuh Rajko Toroman tersebut akan bersua dengan Yordania. Skuad Merah Putih pun diharapkan bisa meraih hasil terbaik dibanding jendela pertama.

Untuk bisa mencapai target tersebut timnas basket Indonesia pun sudah menggelar pemusatan latihan sejak Kamis, 10 Februari lalu.

"Latihan sehari dua kali untuk para atlet yang sudah negatif karena kita gunakan sistem bubble di sini," jelas Asisten Pelatih Timnas Bola Basket Indonesia Wahyu Widayat Jati dalam keterangan yang diterima oleh VOI.

Sampai saat ini materi latihan yang dijalani dua kali dalam satu hari adalah masih sebatas merefresh sistem bermain yang diterapkan pelatih Toroman. Itu karena ada beberapa pemain bukan merupakan pemain reguler di timnas seperti Ali Bagir, Aldy Izzatur Rahman, Neo Pande, dan Mohammad Arighi.

Wahyu mengatakan bahwa selain itu tim pelatih juga sudah mendapatkan rekaman pertandingan Arab Saudi dan Yordania pada pertandingan sebelumnya. Rekaman ini penting untuk membedah kekuatan lawan. Harapannya, timnas bisa antisipasi strategi lawan di lapangan.

"Kita sudah lihat rekaman permainan mereka. Kita berharap apa yang menjadi pekerjaan rumah kemarin melawan Lebanon kita bisa mencari solusinya. Misalkan dari transisi kita dari offense ke defense yang sedikit telat. Rebound kita, juga eksekusi di offense," ujarnya.

Saat ini Lester Prosper, Agassi Goentara, dan Brandon Jawato sudah bergabung dengan timnas basket Indonesia. Ini bisa modal baik bagi skuad Garuda setelah pada jendela pertama melawan Lebanon hanya Juwato yang bisa diandalkan.

Ketika itu Indonesia harus menerima dua kekalahan telak dari Lebanon. Dua pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, itu berakhir 38-96 dan 64-110. 

"Dengan hadirnya Prosper dan Agassi bisa menambah kekuatan kita. Walaupun kemungkinan besar beberapa pemain yang kita tunggu hasil PCR-nya bisa negatif. Jadi semoga semua bisa berjalan dengan baik," kata Wahyu.

PP Perbasi memanggil sebanyak 22 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan yang berlangsung di Jakarta. Meski demikian, hanya 12 pemain yang akan diberangkatkan untuk menghadapi Arab Saudi dan Yordania.