Perbasi Tunjuk Rony Gunawan Jadi Manajer Baru Timnas Elite Putra
Ronny Gunawan ditunjuk sebagai Manajer Timnas Elite Putra Indonesia (dok. IBL).

Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) resmi menunjuk Rony Gunawan sebagai manajer baru Timnas Elite Putra. Dia menggantikan manajer sebelumnya, Jeremy Imanuel Santoso.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Rony Gunawan. Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi Timnas Basket Indonesia ke depan," kata Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Perbasi, Syailendra Bakrie.

Rony dipercaya menjadi manajer baru karena tidak berafiliasi dengan tim mana pun. Sosok yang sebelumnya identik dengan Satria Muda sudah resmi melepaskan diri setelah bersedia menerima tugas baru.

Syailendra berharap Rony bisa memberikan nafas baru dalam semangat membangun kekuatan Timnas Elite Putra Indonesia.

"Tugas manajer baru adalah menyiapkan tim bersama pelatih untuk menghadapi beberapa acara di tahun 2024. Rony bersama BTN juga sudah koordinasi terkait tim yang akan dipersiapkan untuk menghadapi turnamen di 2024," katanya.

Terdekat Timnas Indonesia akan menghadapi Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 yang digelar dalam tiga jendela dengan format kandang dan tandang mulai Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Thailand.

Kemudian, jendela kedua akan digelar pada November 2024. Selanjutnya, jendela ketiga dilaksanakan pada Februari 2025. Total ada 24 tim yang bersaing di fase ini.

Tim-tim tersebut dibagi menjadi enam grup dengan masing-masing grup diisi empat tim. Juara dan runner-up grup lolos ke fase final, sedangkan enam tim peringkat ketiga akan memainkan turnamen kualifikasi lain untuk memperebutkan empat tempat terakhir.

Setelah Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025, Timnas Basket Indonesia akan bersiap untuk bertanding di SEA Games Thailand 2025. Ajang ini akan berlangsung pada 9-20 Desember 2025.