Penalti Paulo Dybala Bawa AS Roma Lawan Lazio di Coppa Italia
Striker Paulo Dybala membawa AS Roma ke perempat final Coppa Italia dengan menyingkirkan Cremonese. (X/@OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma melaju ke perempat final Coppa Italia setelah menang 2-1 atas tim Serie B Cremonese di babak 16 besar di Stadion Olimpico, Kamis, 4 Januari dini hari WIB. Di perempat final, Roma bertemu sesama tim ibukota Lazio.

Roma harus bekerja keras saat menghadapi Cremonese. Bagaimana tidak, Cremonese bukan lawan enteng bagi tuan rumah.

Musim lalu, kedua tim bertemu tiga kali. Saat itu, l Grigiorossi yang masih bermain di Serie A Italia sukses menaklukkan Roma 2-1.

Begitu pula di Coppa Italia, Cremonese mempermalukan l Giallorossi. Mereka menyingkirkan tim ibukota dengan skor 2-1. Dari tiga pertemuan itu, Roma meraih kemenangan 1-0 pada duel pertama di kompetisi domestik.

Saat Cremonese turun ke Serie B, mereka kembali bertemu di Coppa Italia. Ini yang tak memberi jaminan Roma bakal lolos dengan gampang.

Apalagi, pelatih Jose Mourinho kehilangan sejumlah pemain pilar, termasuk Evan Ndicka yang memperkuat Pantai Gading, tuan rumah di Piala Afrika 2023.

Pertandingan itu sendiri berlangsung keras. Hanya dalam tempo kurang dari 20 menit, wasit Luca Pairetto sudah mengeluarkan empat kartu kuning hanya untuk pemain Cremonese.

Meski harus meladeni permainan keras lawan, namun Roma tetap unggul dalam penguasaan bola. Tuan rumah juga nyaris unggul lewat dua peluang dari striker Andrea Belotti dan Lorenzo Pellegrini.

Namun upaya mereka masih gagal. Tendangan Pellegrini yang menyambut bola rebound pun masih melambung tipis.

Sebaliknya, Cremonese sempat mengejutkan Roma. Saat mendapat tekanan, tim tamu berhasil unggul melalui Frank Tsadjout di menit 37.

Gol berawal dari aksi Paolo Ghiglione yang memberi umpan kepada Tsadjout. Dirinya sempat mengecoh Bryan Cristante sebelum melepaskan tendangan yang mengoyak gawang Roma. Skor 1-0 untuk Cremonese bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Roma tak mengendurkan tekanan. Mourinho memasukkan Dybala untuk menggantikan Belotti. Masuknya striker timnas Argentina ini diharapkan bisa menambah daya gedor tim.

Hanya, pertahanan kokoh Cremonese menyulitkan Romelu Lukaku dkk mencetak gol. Kolaborasi Dybala dan Lukaku sempat mengancam gawang Cremonese. Namun bek Valentin Antov bisa menggagalkan peluang Lukaku.

Kesabaran Roma akhirnya membuahkan hasil. Lukaku memecah kebuntuan lewat kerjasama satu dua yang apik dengan Dybala di menit 77. Gol itu memulihkan semangat pemain Roma untuk memenangkan laga tersebut.

Penantian Roma tidak sia-sia. Gol penentuan I Lupi dihasilkan Dybala lewat titik penalti di menit 85. Penalti diberikan setelah Leonardo Sernicola melakukan tekel terhadap Leonardo Spinazzola.

Meski terjadi kontak fisik yang minim, namun wasit tetap memberikan hadiah penalti kepada Roma. Dybala sukses menuntaskan eksekusi itu. Skor 2-1 untuk Roma bertahan sampai akhir laga.

Roma lolos ke perempat final untuk menghadapi Lazio dalam Derby d' Capitale. Lazio sendiri melaju ke perempat final setelah menyingkirkan Genoa 1-0.