Bagikan:

JAKARTA - AS Roma berambisi mematahkan rekor buruk dalam Derby della Capitale saat menjamu Lazio di pertandingan Serie A Italia di Stadion Olimpico, Sabtu, 6 April 2024 malam WIB.

Roma memiliki rekor buruk selama enam pertemuan terakhir antara kedua tim. Dalam The Rome Derby, mereka hanya menghasilkan satu kemenangan.

Hanya saja, rekor buruk dialami Roma saat ditangani Jose Mourinho. Sedangkan Lazio di bawah kepelatihan Maurizio Sarri.

Kini, kedua tim sudah berganti pelatih. Sang pangeran Roma Daniele De Rossi yang kini mengarsiteki Gialloross, sedangkan Igor Tudor menggantikan Sarri menangani Biancoceleste.

"Kami tidak memiliki catatan positif dalam beberapa derby terakhir," kata De Rossi.

"Tentu ada keinginan untuk membalas dendam, tetapi kami tak akan melangkah lebih jauh lagi. Ada pertandingan yang memang harus dipersiapkan untuk menuntaskan dendam dengan meraih kemenangan. Namun, kami harus tetap tenang," ujarnya lagi.

Ya, De Rossi mengingatkan pentingnya menghadapi derby dengan kepala dingin. Sebagai ikon Roma dirinya tentu sudah paham betul bagaimana menghadapi duel melawan Lazio.

Bagaimana tidak De Rossi sudah melakoni lebih dari 600 laga bersama Roma. Dirinya mengetahui sepenuhnya laga-laga besar berbalut emosi tinggi.

Hal yang sulit dilakukan Mourinho saat melakoni derby di Roma. Bahkan, dirinya pernah diusir saat Roma menelan kekalahan dari Lazio di Coppa Italia.

Sebaliknya, Roma sudah tampil dengan wajah yang berbeda sejak ditangani De Rossi. Sang pelatih tak lagi terpancing emosi saat tim dirugikan seperti saat Roma ditahan Lecce 0-0. Bahkan, De Rossi dikenal sebagai salah satu pelatih di Serie A yang kalem.

"Di Lecce kami dirugikan, terkadang tepat untuk membicarakannya. Namun, ada kalanya tidak perlu dibicarakan karena Anda ingin fokus pada hal-hal lain," kata De Rossi.

"Saya pikir saya adalah pelatih yang bisa diajak berdiskusi secara sehat dan tidak mengeluh seperti yang lain. Jika salah satu pemain saya menendang bola keluar, saya tidak mengatakan bahwa itu adalah lemparan masuk untuk kami," ujarnya.

Laga derby ini memang lebih penting bagi De Rossi karena membuka peluang ke Liga Champions. Saat ini, Roma yang menduduki peringkat lima memiliki poin 52. Mereka masih terpaut lima dengan poin Bologna yang berada di peringkat empat.

Kapten Lorenzo Pellegrini akan kembali bermain setelah absen karena larangan bermain. Dirinya akan bahu-membahu dengan Leandro Paredes dan Bryan Cristante.

Striker Paulo Dybala kembali bermain di belakang striker yang diisi Romelu Lukaku dan Stephan El Shaarawy. Trisula ini menjadi andalan I Lupi dalam derby.

Sementara, Lazio kehilangan Mattia Zaccagni yang mengalami cedera. Posisi Zaccagni digantikan Gustav Isaksen.

Di depan, kapten Ciro Immobile menjadi pilihan pertama. Ini berarti Taty Castellanos yang akan duduk di bench. Immobile mendapat dukungan dari Luis Alberto dan Andre Anderson.

Prakiraan Susunan Pemain

AS Roma (4-3-3): Svilar; Karsdorp, Mancini, Llorente, Angelino; Cristante, Paredes, Pellegrini; Dybala, Lukaku, El Shaarawy

Lazio (3-4-2-1): Mandas; Casale, Romagnoli, Gila; Marusic, Guendouzi, Cataldi, Pellegrini; Alberto, Anderson; Immobile