Bagikan:

JAKARTA - AS Roma lolos dari kekalahan saat menjamu Atalanta di laga Serie A Italia. Tampil di kandang sendiri di Stadion Olimpico, Senin, 8 Januari dini hari WIB, Roma bermain imbang 1-1. Penalti Paulo Dybala menyelamatkan I Giallorossi dari kekalahan.

Roma berharap mendulang poin penuh setelah kehilangan konsistensi. Performa tim yang labil menjadikan Roma kesulitan memenuhi target pelatih Jose Mourinho, yaitu menembus zona Liga Champions.

Pada lima laga sebelumnya, Roma hanya menang dua kali melawan Napoli 2-0 dan kemudian menaklukkan Cremonese 2-1.

Mereka sekali bermain imbang saat menjamu Fiorentina (1-1) dan tercatat dua kali menelan kekalahan melawan melawan Bologna dan Juventus.

Dengan modal yang kurang bagus, Roma meladeni Atalanta yang sedikit lebih konsisten. Hasilnya Roma nyaris tumbang bila tidak diselamatkan Dybala yang mencetak gol dari titik penalti

Tambahan satu poin itu menjadikan Roma menduduki peringkat delapan dengan poin 29. Terpaut satu poin dengan Atalanta yang bertengger di peringkat tujuh.

Atalanta sendiri memiliki poin sama dengan Lazio. Namun selisih gol La Dea lebih baik ketimbang Lazio.

Di pertandingan yang berjalan alot, Atalanta langsung menggebrak pertahanan Roma. Usaha tim asuhan Gian Piero Gasperini memberi hasil positif karena mereka sudah unggul saat laga baru berjalan delapan menit.

Gelandang Teun Koopmeiners membuat suporter tuan rumah terdiam. Sundulannya yang menyambut umpan matang Aleksey Miranchuk sukses menjebol gawang Roma.

Roma memberi respons atas gol itu dengan permainan ofensif. Hanya serangan mereka tak memberi hasil.

Kiper Marco Carnesecchi tercatat melakukan dua penyelamatan gemilang, salah satunya dari Romelu Lukaku. Selanjutnya, tendangan menyilang Dybala digagalkan Ederson.

Usaha tuan rumah mengejar ketinggalan akhirnya membuahkan hasil setelah mendapat hadiah penalti di menit 39. Penalti diberikan menyusul pelanggaran yang dilakukan Matteo Rugger terhadap bek Roma Rick Karsdorp.

Wasit sempat meninjau insiden itu lewat VAR sebelum menunjuk titik putih. Dybala sukses menuntaskan penalti setelah kiper Carnesecchi salah mengantisipasi sepakan striker timnas Argentina ini.

Skor berubah menjadi 1-1. Tidak ada lagi gol yang tercipta dan skor bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Roma dan Atalanta saling serang. Penguasaan bola kedua tim tidak jauh berbeda sehingga mereka berpeluang menambah gol

Di menit 58, Atalanta sesungguhnya berhasil mencetak gol melalui Gianluca Scamacca yang menerima umpan dari Koopmeiners.

Hanya gol itu danulir karena Scamacca dinilai melakukan pelanggaran lebih dulu terhadap Nicola Zalewski.

Laga kian memanas saat memasuki menit akhir. Apes bagi Mourinho yang mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah karena melakukan protes terhadap asisten wasit atas pelanggaran yang dialami Lukaku.

Karena mendapat kartu merah, Mourinho dipastikan absen mendampingi tim saat melakoni laga melawan AC Milan pekan mendatang.

Usai pertandingan, pihak Roma pun menolak mengadakan pertemuan pers. Tidak ada Mourinho, pemain maupun petinggi klub untuk menggelar jumpa pers. Satu-satunya informasi yang diterima adalah Roma menolak berkomentar.