Apa Itu Lower Arm Mobil: Berikut Penjelasan, Jenis, Beserta Cara Kerjanya
Foto ilustrasi. (Dok. Hardrace)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di dalam sistem suspensi mobil ada bermacam-macam komponen yang menunjang kinerja sistem tersebut, termasuk lower arm mobil. Lalu apa itu lower arm mobil? Apakah ada peranan yang cukup besar? Macam mana komponen tersebut bekerja? Ayo, ketahui jawaban dari semua pertanyaan tersebut dengan mencermati pembahasan berikut ini.

Apa Itu Lower Arm Mobil?

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, lower arm ialah salah satu komponen dari sistem suspensi mobil. Seperti diketahui, sistem suspensi mobil ialah sistem yang berfungsi melindungi kenyamanan penumpang serta pengemudi saat berkendara. Sistem ini bakal meredam getaran serta kejutan yang dihasilkan pada saat mobil melewati jalanan yang rusak ataupun kurang rata. Keberhasilan kinerja sistem suspensi tersebut, dipengaruhi oleh beberapa komponen di dalamnya tercantum lower arm.

Di golongan otomotif sendiri, lower arm pula diketahui dengan sebutan lengan ayun bawah sebab terpasang di bawah rangka mobil. Lower arm sendiri pada mobil mempunyai desain yang berbeda-beda tergantung dari tipe suspensi yang digunakan. Buat suspensi tipe double wishbone umumnya desain lower arm berbentuk menyerupai huruf A. Buat suspensi tipe macpherson umumnya wujudnya menyerupai huruf L. Serta buat suspensi yang digunakan buat kendaraan pada biasanya, lower arm berbentuk menyerupai huruf I.

Peranan Lower Arm

Pada sistem suspensi mobil, lower arm mempunyai tugas serta peran yang lumayan penting. Ada pula peranannya selaku berikut.

1. Mengontrol Gerak Roda

Lower arm mempunyai peranan utama yaitu mengontrol pergerakan roda. Mulai dari gerak atas atau bawah, serta gerak maju ataupun mundur. Dalam mengendalikan pergerakan tersebut, lower arm bakal bersinergi dengan upper arm. Pada keadaan roda mobil bergerak, upper arm bakal melindungi posisi roda supaya pas pada posisi yang ditetapkan. Sebaliknya, lower arm berperan menstabilkan roda pada saat mobil melaju.

2. Menopang Knuckle Arm

Berikutnya, lower arm berperan selaku penopang knuckle arm. Karena, lower arm dapat dikatakan selaku wadah dari knuckle arm. Seperti diketahui, knuckle arm ialah komponen suspensi mobil yang terletak pada bagian depan roda mobil. Tepatnya, di antara bagian ban serta velg yang tersambung dengan komponen rem mobil serta bagian hub.

Lewat ball joint yang tersemat pada lower arm, maka komponen rem, roda, serta knuckle arm bakal ditopang. Dengan begitu, knuckle arm dapat bergerak lebih leluasa sebab tidak tersambung langsung dengan lower arm.

Walaupun tidak tersambung secara langsung, knuckle arm masih memerlukan lower arm dalam menahan beban mobil buat menstabilkan pergerakan roda.

4. Memastikan Roda Mobil Berbelok Secara Beriringan

Lower arm pada mobil pula mempunyai peranan lainnya yang tidak kalah berarti, yaitu memastikan roda berbelok secara beriringan. Lower arm bakal memastikan pergerakan roda seirama pada saat berbelok sesuai dengan sudut kemudi serta roda kanan kiri mobil. Apabila mobil dikemudikan buat berbelok ke arah kanan maka roda mobil dapat leluasa berbelok sesuai arah kemudi tersebut. Hal tersebut berlaku pula pada saat mobil berbelok ke arah kiri.

Cara Kerja Lower Arm

Metode kerja lower arm terbilang rada kompleks. Pada saat mobil melaju di jalanan yang kurang rata, maka bakal memunculkan getaran serta efek kejut. Getaran serta efek kejutan tersebut bakal diserap oleh lower arm memakai bantuan bushing lower arm (karet peredam getar). Pada saat mobil berbelok, lower arm bakal membuat geometri suspensi tetap terjaga sehingga posisi roda sejajar serta tidak memunculkan gesekan pada ban mobil secara masif.

Mengingat peranan lower arm yang lumayan besar dalam melindungi keamanan serta kenyamanan berkendara, kondisi lower arm wajib senantiasa Kalian perhatikan bila mobil sudah oleng, jok depan mengeluarkan bunyi decit, muncul bunyi kasar pada kolong mobil, setir mobil berat, sampai rem tersentak. Hal itu tanda-tanda lower arm rusak serta wajib lekas diganti.

Jika kalian butuh referensi mobil keluaran terbaru, kalian bisa menengok “Deretan Mobil Baru Sepanjang 2023”.

Jadi setelah mengetahui apa itu lower arm mobil, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!