Sebelum Mudik, Penting Periksa Bagian Kaki-kaki Kendaraan agar Perjalanan Aman dan Nyaman
Foto ilustrasi. (Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menyambut mudik Lebaran, persiapan kendaraan pribadi menjadi hal utama bagi masyarakat untuk memastikan perjalanan mereka nyaman. Meskipun mobil memiliki kapasitas yang cukup untuk membawa banyak penumpang dan barang, namun para pengguna mobil harus memperhatikan berbagai aspek agar kendaraan mereka selalu dalam kondisi prima, termasuk bagian kaki-kaki.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Sapta Agung Nugraha, menekankan pentingnya memeriksa beberapa komponen kaki-kaki untuk memastikan perjalanan yang nyaman. Komponen tersebut antara lain Shock Absorber, Ban, Disc Brake, Bearing Roda, dan Lower Arm.

"Sangat penting untuk memastikan kondisi shock absorber tidak bocor. Kebocoran pada shock absorber akan membuat mobil terasa tidak nyaman saat melintasi jalan bergelombang. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa keausan ban sesuai standar," jelas Sapta kepada VOI, Rabu, 27 Maret.

Sapta juga menjelaskan bahwa bagian pengereman merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Bila terjadi getaran pada disc brake, maka perlu dilakukan perataan pada permukaan komponen tersebut.

"Jika Anda merasakan getaran saat melakukan pengereman, itu pertanda bahwa disc brake perlu diperatakan. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kondisi kampas rem depan dan belakang agar berfungsi dengan baik," tambah Sapta.

Lebih lanjut, bagian bearing roda dan lower arm juga tidak boleh diabaikan karena keduanya dapat mempengaruhi performa kendaraan saat berbelok.

"Jika Anda mendengar bunyi dengung saat kendaraan berjalan, itu mungkin akibat bearing roda yang perlu diganti. Sedangkan tanda-tanda kerusakan pada lower arm biasanya terjadi saat berbelok atau melintasi jalanan yang rusak," tambahnya.

Sapta juga memberikan himbauan kepada pengguna kendaraan untuk menghindari beberapa aktivitas saat mengemudi demi menjaga kondisi kaki-kaki, seperti menghindari membawa muatan berlebihan.

"Selalu hindari jalanan yang tergenang air, dan segera bersihkan kendaraan jika terkena lumpur. Selain itu, jangan membawa muatan melebihi kapasitas, dan lakukan spooring secara rutin untuk memeriksa kondisi kaki-kaki," tutup Sapta.