Usai Mudik, Penting Segera Cek Bagian Kaki-kaki Mobil demi Hindari Kecelakaan
Ilustrasi. (Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai pemilik mobil, tentunya kita ingin mobil kita tetap dalam kondisi prima agar dapat digunakan dengan nyaman dan aman dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan pengecekan secara berkala agar performa mobil selalu terjaga.

Bagian yang sangat penting dan perlu dicek secara rutin agar mobil tetap stabil dan aman dalam penggunaannya adalah kaki-kaki mobil seperti suspensi, rem, ban, pelek, dan lainnya. Jika bagian ini diabaikan, maka bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Mengabaikan pengecekan pada kaki-kaki mobil dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian bawah mobil dan menimbulkan ketidakstabilan saat mobil digunakan, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. 

Perlu diingat, kaki-kaki mobil merupakan komponen yang selalu mendapat gesekan, benturan, bantingan selama mobil berjalan. Terlebih jika mobil dibawa mudik hingga ribuan kilometer dengan banyak penumpang dan barang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa bagian-bagian kaki-kaki mobil secara rutin. Dilansir dari laman Auto2000 pada Selasa, 2 Mei 2023, berikut adalah bagian-bagian kaki-kaki mobil yang perlu dicek secara berkala:

Suspensi

Jika mobil terasa turun terlalu mudah dan sulit kembali ke ketinggian awal, maka kemungkinan ada masalah pada suspensi. Oleh karena itu, segera periksakan mobil ke bengkel resmi agar dapat diperbaiki.

Ban

Periksa kondisi ban mobil, jika ada bagian yang kempis atau aus, segera ganti komponen ban tersebut dengan yang baru.

Roda

Pastikan roda mobil bergerak stabil tanpa goyangan atau geseran saat mobil berjalan.

Rem

Rem adalah salah satu bagian penting pada kaki-kaki mobil. Jika rem terdengar mengeluarkan suara aneh saat diinjak, maka segera periksakan pada pedal rem. Jika rem cakram terlihat sudah aus, segera ganti sebelum kehilangan fungsinya.

Fender

Periksa bagian fender pada mobil dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel seperti batu kecil, plastik kecil, atau benda lainnya.

Dengan melakukan pengecekan rutin pada bagian-bagian kaki-kaki mobil, maka risiko kecelakaan dapat dihindari. Jika ditemukan kerusakan, segeralah periksakan dan lakukan penggantian spare part di bengkel resmi mobil masing-masing agar mobil tetap dalam kondisi prima dan aman digunakan.