Agar Aman dan Selamat, Begini Tips Bersepeda di Jalan Raya
Ilustrasi (Nubia Navvaro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bersepeda nampaknya jadi model gaya hidup yang lagi trend di tengah masyarakat menjelang New Normal. Ada bagusnya si memang. Tingkat kemacetan bisa jadi menurun pun dengan bersepeda badan juga terasa lebih sehat. Namun, keterbatasan ruang untuk para pesepeda menyebabkan mau tak mau kita harus bersepeda di jalan raya bersama dengan pengguna jalan lainnya.

Untuk itu, biar Anda tetap bisa gowes aman di jalan raya yuk perhatikan hal-hal berikut ini:

Perhatikan Kondisi Sepeda

Sebelum mulai bersepeda, alangkah baiknya Anda mengecek kondisi sepeda. Perhatikan semua bagian sepeda mulai dari stang, roda, rem, rantai hingga jok sepeda. Pastikan ban sepeda terisi angin, ya. Kalau sudah siap, jangan lupa gunakan pelindung diri seperti helm, sarung tangan, pelindung lutut dan siku, kacamata dan paling penting masker.

Gunakan Pakaian Warna Cerah

Seringkali pengguna jalan lain jarang memerhatikan pengemudi sepeda yang lagi sama-sama menggunakan jalan raya. Untuk itu, pakailah kaos khusus atau jaket berwarna cerah agar pengguna jalan lain sadar dengan kehadiranmu.

Gunakan Tangan Sebagai Lampu Sein

Penting banget, sebelum Anda berbelok rentangkan tanganmu sebagai tanda pengganti lampu sein. Rentangkan tangan kanan kalau mau belok kanan, dan sebaliknya. Beri tanda ini beberapa meter sebelum Anda berbelok.

Jangan Dengarkan Musik

Sebaiknya, hindari mendengarkan musik saat bersepeda. Sebab Anda butuh konsentrasi tinggi saat mengayuh sepeda di jalan raya. Meski kelihatannya keren, tapi mendengarkan musik sambil gowes rupanya meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. 

Kenakan Alas Kaki yang Tepat

Agar kaki tetap nyaman saat mengayuh sepeda, kenakanlah alas kaki yang tepat. Pilih sepatu yang rata dan ringan agar kaki terlindungi dan tidak merasa berat saat mengayuh.

Berjalan Kaki

Kalau capek, sebaiknya menepi dulu sejenak atau berjalan kaki sambil menuntun sepeda. Oh ya, kalau kondisi jalanan lagi ramai, berjalan sambil menuntun sepeda jadi opsi yang tepat dari sisi keamanan dan bisa juga menghemat waktu.

Jangan Berkendara di Tengah Jalan

Sebagai pengendara sepeda, harusnya kita sadar kalau ukuran kendaraan kita lebih kecil dibandingkan dengan motor atau mobil. Jadi sebaiknya, gunakan sisi tepian jalan untuk bersepeda. Berkendara di tengah jalan dapat menyebabkan macet juga meningkatkan resiko kecelakaan. Maka jadilah pengguna jalan yang bijak dan cerdas menggunakan jalan raya.