8 Tips Bersepeda Saat Puasa, Aplikasikan Biar Nggak Gampang Lelah
Ilustrasi bersepeda (Foto: taichiman87/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Kendati demikian, Anda perlu memperhatikan tips bersepeda saat puasa supaya tidak capek, lemas, dan cepat lapar.

Bersepeda saat puasa tidak bisa dilakukan asal-asalan supaya daya tahan tubuh tidak menurun. Anda tetap dapat menjalankan ibadah puasa asalkan melakukannya dengan porsi yang pas.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 1 April 2023, berikut tips bersepeda di bulan puasa yang perlu diperhatikan.

Tips Bersepeda Saat Puasa

  1. Hindari memforsir tenaga

Saat bersepeda di bulan puasa, hindari memforsir tenaga. Banyak pesepeda yang tergoda ketika ada tanjakan yang menantang untuk ditaklukan, atau melaju dengan sekencang-kencangnya ketika melintasi turunan.

  1. Bersepeda dengan santai

Jika pada hari biasa Anda membutuhkan waktu 1 jam untuk menempuh jarak 20 km, maka pada saat puasa, tambahkan alokasi waktunya menjadi 1,5 jam.

Hal ini dapat membantu Anda kehilangan banyak energi akibat memforsir tenaga. Dengan bersepeda lebih santai, Anda tidak akan kehilangan banyak energi dan puasa tetap lancar.

  1. Merencanakan perjalanan

Sebelum bersebeda, tentukan tujuan Anda. Bersepeda tanpa tujuan, terlebih saat berpuaasa akan membuat Anda cepat lelah.

Supaya energi Anda tidak terkuras, hindari bersepeda dengan jarak yang jauh. Terkait hal ini, Anda disarankan untuk bersepeda dengan jarak kurang dari 20 km.

Selain itu, hindari rute yang memiliki sejarah macet yang sangat kelam, supaya Anda tidak emosi di tengah jalan.

  1. Bersepeda di waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk bersepeda saat berpuasa adalah setelah sahur atau menjelang bedug magrib.

Mengayuh sepeda di kala mentari tegak berdiri akan menghabiskan banyak stamina. Hindari juga jam macet seperti jam pulang sekolah ataupun jam pulang kantor.

  1. Ambil jalur hijau

Bersepda di jalur hijau akan memberikan kesan segar. Selain itu, pepohonan yang rimbun di pinggir jalan akan membuat Anda lebih nyaman dan terhindar dari sinar matahari langsung yang menembus kulit.

  1. Lakukan bersama rekan atau kerabat

Ajak teman-teman pesepeda yang lain untuk ikut meramaikan kegiatan bersepeda. Selain itu, Anda juga bisa membuat acara bersepada dan buka puasa bareng atau sepedahan menjelang sahur.

Bersepeda bersama rekan kerja atau kerabat akan terasa lebih menyenangkan. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa lelah ataupun lemas kendati sedang berpuaasa.

  1. Konsumsi makanan bergizi saat sahur

Jika ingin bersepeda saat berpuasa, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur. Ini Akan membantu Anda tetap bertenaga meski melakukan olahraga sepeda.

Jika Anda tidak makan sahur, lebih baik urungkan niat untuk bersepeda.

  1. Istirahat jika merasa lelah

Jangan paksakan fisik untuk bersepeda. Ambil napas yang banyak untuk mengisi kembali oksigen pada darah yang berkurang karena digunakan pada saat proses pembakaran energi.

Demikian informasi tentang tips bersepeda saat puasa. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.